Waspada Klaster Sekolah

IMUNISASI: Sejumlah anak SD Alam Purwasari sedang diimunisasi campak oleh petugas kesehatan UPTD Puskesmas Purwasari, kemarin.

Prokes Ketat, Perkuat Imun

PURWASARI, RAKA – Pertemuan Tatap Muka (PTM) sudah banyak dilakukan oleh sejumlah sekolah. Protokol kesehatan harus benar-benar diperhatikan, agar tidak terjadi klaster di sekolah.
Kepala UPTD Puskesmas Purwasari Maesaroh Indriati mengatakan, selain prokes pemberian imun juga menjadi salah satu cara untuk menangkis corona. “Meskipun tren Covid-19 cenderung menurun tapi kita harus tetap waspada,” ujarnya kepada Radar Karawang, kemarin.

Ia melanjutkan, pihaknya kemarin menggelar kegiatan bias campak yang dilakukan rutin selama Satu tahun sekali, untuk mendongkrak daya tahan tubuh anak-anak. Menururnya, imunisasi merupakan proses untuk meningkatkan imun atau kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh, agar kebal terhadap penyakit tersebut. Imunisasi BIAS atau Bulan Imunisasi Anak Sekolah diadakan secara serentak dan rutin. “Bulan September ini sudah mulai dilaksanakan di beberapa wilayah khususnya Purwasari,” ucapnya.

Ia menambahkan, BIAS khusus untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Kemarin berlangsung di SD Alam Purwasari dan akan berlangsung di seluruh SD yang berada di wilayah Purwasari. “Untuk SD Alam ini sebanyak 53 siswa kelas satu yang kita vaksin,” tambahnya. Ia mengaku, pelaksanaan BIAS dilakukan langsung oleh petugas puskesmas setempat. Di masa pandemi Covid-19, BIAS sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak dengan terus meningkatkan kekebalan tubuh siswa. “Apalagi hari ini sudah diberlakukan simulasi PTM,” akunya.

Pihaknya juga meminta kepada pihak sekolah untuk terus meningkatkan protokol kesehatan selama PTM, sehingga tidak ditemukan klaster baru Covid-19 di tingkat siswa sekolah dasar. pungkasnya. (mal)