KARAWANG

Pasien Adalah Raja

KARAWANG, RAKA – Pelayanan rumah sakit sangat vital. Sedikit saja salah melayani, akibatnya bisa menghilangkan nyawa orang lain. Untuk itu, diperlukan pelayanan yang prima dari segala lini, karena berhubungan dengan kesehatan manusia.

Namun, masyarakat terutama pasien dan keluarganya juga harus memahami prosedur yang sudah ditetapkan rumah sakit, agar tidak terjadi kesalahpahaman saat dilakukan tindakan medis.

Hukmas dan Promkes RSUD Karawang Ruhimin mengatakan, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, pusat pemberitahuan publik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang harus aktif selama 24 jam.

Karena rumah sakit adalah instansi yang menyediakan jasa pelayanan kesehatan bagi masyarakat. “Dalam hal ini humas berperan mengkomunikasikan kebijakan manajemen rumah sakit pada pasien, sebaliknya juga keinginan atau pendapat pasien pada manajemen rumah sakit,” tuturnya kepada Radar Karawang.

Ia melanjutkan, peran humas rumah sakit yang terpenting di mata pasien adalah dalam upaya menyelesaikan keluhan pasien.

Dalam menindaklanjuti ketidakpuasan, kata Ruhimin, keluhan pasien sebaiknya dengan cara menunjukkan upaya memberikan informasi dan juga pelayanan.

Dalam hal itu, pasien adalah orang yang memberikan kontribusi yang jelas pada rumah sakit. “Masyarakat yang datang pertama kali ke rumah sakit, ingin mendapatkan informasi sehingga peran penerangan informasi di rumah sakit cukup penting keberadaannya,” ujarnya.

Menurutnya, itulalah salah satu peran RSUD sebagai rumah sakit yang paling dekat dan berhubungan langsung dengan masyarakat di tingkat daerah. RSUD diharapkan dapat menjadi kepanjangan tangan dari pemerintah, dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan serta sebagai penyedia pelayanan di bidang kesehatan. “Diperlukan strategi dan program-program yang dapat membina hubungan baik antara rumah sakit dan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan hubungan masyarakat atau yang lebih dikenal dengan public relationship, dapat terjalin dengan baik dan terus menerus diharapkan dapat membantu rumah sakit dan pemerintah meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan. “Bagi rumah sakit, humas sangat berperan penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Selain sebagai ujung tombak dalam sebuah program, bagian humas juga berperan dalam menjelaskan kejadian-kejadian penting di rumah sakit,” ujarnya. (yfn)

Related Articles

Back to top button