BLT Dana Desa Cair Lagi

CAIR: Warga Desa Kiarapayung, Kecamatan Klari menerima BLT dana desa Rp900 ribu untuk tiga bulan, kemarin.

KLARI, RAKA – Sebanyak 138 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) warga Desa Kiarapayung, Kecamatan Klari, kembali menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa sebesar Rp900 ribu selama tiga tahap. Kaur Umum dan Perencanaan Desa Kiarapayung Nia Kurnia mengatakan, dana desa di tahap 2 telah dicairkan beberapa waktu lalu, sehingga pendistribusian BLT dana desa bisa kembali dilakukan dengan jumlah KPM sebanyak 138 orang. “Dan jumlah KPM ini sudah baku dari pembagian BLT dana desa tahap 1 awal tahun lalu,” ucapnya kepada Radar Karawang, Senin (13/9).

Ia menambahkan, pembagian BLT dana desa tersebut dilakukan secara tiga tahap, yaitu tahap tujuh, delapan dan sembilan. Untuk tahap tujuh sudah dilakukan pada Senin Minggu lalu, sedangkan tahap delapan dan sembilan dilakukan Senin kemarin. “Untuk hari ini (kemarin) tahap delapan dan sembilan dilakukan secara langsung, karena tahap tujuhnya sudah waktu Senin lalu,” tambahnya.

Ia mengaku, BLT dana desa sampai dua belas tahap di tahun 2021 ini, pendistribusian akan dilanjutkan pada dana desa tahap 3 yang diperkirakan jatuh pada bulan Oktober, November sampai Desember. Sementara itu, anggota BPD Kiarapayung Adis mengungkapkan, sejauh ini penerima bantuan BLT dana desa bersifat menetap untuk tahun 2021. Mengingat jumlah warga miskin di wilayah Kiarapayung cukup sedikit, sehingga kuota yang tersedia cukup memenuhi jumlah warga miskin yang ada. “Karena jumlah warga kita ya memang sedikit, jadi kita tidak melakukan sistem roling. Kecuali kalau kasusnya meninggal, dan kita mencari pengganti,” pungkasnya. (mal)