BUMDes Motor Ekonomi Desa

KLARI, RAKA – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus menjadi motor pergerakan ekonomi masyarakat desa. Selain itu, tidak boleh loyo saat pembuatan laporan serta dituntut cerdas dalam memilih jenis usaha.

Pendamping Desa Kecamatan Klari Ade Endah mengatakan, keberadaan BUMDes harus memberikan sisi manfaat khususnya pada Pendapatan Asli Desa (PADes) dan peningkatan ekonomi kerakyatan. “Karena BUMDes ini bukan sebatas seremoni, tapi harus membawa perubahan yang signifikan,” ucapnya kepada Radar Karawang.

Ia menambahkan, saat ini BUMDes di wilayah Klari mengalami beberapa kendala pada wilayah administrasi, pasalnya para pengurus kesulitan saat diminta laporan hasil usaha. “Bahkan pengurus ini sulit kita hubungi, artinya sudah menjadi tugas kita untuk meminta laporan dan menyampaikan ke Kememdes,” tambahnya.

Masalah lainnya juga terjadi pada pengambilan jenis usaha yang dilakukan, tidak sesuai potensi yang ada serta pemilihan tempat yang ada, tentunya hal itu menjadi indikator kemunduran usaha yang dilakukan. “Dari masalah yang terjadi, jelas sumber masalahnya dari sumber daya manusia yang ada,” katanya.

Untuk mengatasi hal itu, pihaknya berencana akan melakukan rapat bersama BUMDes Kecamatan Klari, dan melakukan revitalisasi pengurus, hal itu dinilai penting agar BUMDes di setiap desa bisa tumbuh dan berkembang dan memberikan sisi manfaat lebih baik lagi. “Kita butuh orang-orang potensial untuk memelihara BUMDes ini, ya mudah-mudahan pada rapat nanti bisa memecahkan masalah dan melahirkan ide dan gagasan yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *