Data KPM Kiarapayung Berubah

DISTRIBUSI KARTU BPNT : Proses penyaluran kartu baru bantuan pangan non tunai di Desa Kiarapayung, Kecamatan Klari. Sebelumnya kartu BPNT menggunakan BNI kini pindah ke BTN.

Penerima Bantuan Meninggal, Pindah, Ekonomi Membaik

KLARI, RAKA – Penambahan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Kiarapayung, Kecamatan Klari ditambah sebanyak 120 orang beberapa waktu lalu. Kini bantuan dapat dicairkan melalui e-Warung.
Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Desa Kiarapayung Nia Kurnia mengatakan, beberapa waktu lalu Dinas Sosial Kabupaten Karawang menyerahkan data perluasan untuk penerima BPNT, data yang diserahkan oleh Dinsos sebanyak 120 KPM. “Jadi untuk BPNT ini bukan kita yang menentukan penerimanya, melainkan dari Dinsos,” ucapnya saat berbincang dengan Radar Karawang. Rabu (12/10).

Ia menambahkan, setelah mendapatkan data tersebut, pihaknya menyerahkan kepada ketua RT untuk dilakukan verifikasi. Fakta di lapangan, penerima bantuan kurang dari 120 orang karena beberapa orang yang masuk pada data telah meninggal. “Ada juga yang sudah pindah, terus ada juga data yang tidak kita kenal, kemudian warga yang tidak layak mendapatkan. Artinya ekonominya berkecukupan,” tambahnya.

Ia mengaku, setelah berhasil dilakukan verifikasi kemudian pihaknya membagikan kartu BPNT yang jumlahnya tidak lebih dari 110 orang, sehingga data yang tersisa dikembalikan lagi kepada pihak dinas. “Karena kita mencoba objektif, agar tidak ada gejolak atau kecemburuan di lingkungan,” akunya.

Masih dikatakannya, kini pencairan BPNT juga dapat dilakukan di e-Warung terdekat. Pada saat pembagian kartu BPNT kemarin, ia terus mengingatkan agar warga tidak mencairkan kartu BPNT ke mesin ATM, sehingga akan membuat kartu tertelan oleh mesin. “Beberapa waktu lalu sempat ada warga yang memasukan kartu BPNT ini ke mesin ATM padahal sudah kita ingatkan, akhirnya kartu BPNT ini tertelan. Jadi jangan coba-coba memasukan kartu BPNT ini ke ATM karena memang bukan peruntukannya,” pungkasnya. (mal)