Gali Potensi Desa dengan Wirausaha

DAGANG : Terlihat sejumlah PKL mangkat tidak jauh dari pabrik.

KLARI, RAKA – Warga Desa Gintungkerta, Kecamatan Klari memanfaatkan potensi wilayahnya yang memiliki beberapa perusahaan dengan melakukan berbagai macam wirausaha.

Sekdes Gintungkerta, Kecamatan Klari Wahyudin mengatakan, dengan 28 perusahaan yang berada di wilayah Desa Gintungkerta, rupanya menjadi potensi untuk masyarakat mulai dari membuka warung kopi sampai berbagai macam jenis makanan. “Artinya tidak harus menjadi pegawai pabrik, tapi bagaimana warga harus mampu membaca peluang dengan banyaknya perusahaan yang ada di wilayah kita ini,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Kamis (13/2).

Ia menambahkan, selain membuka warung nasi dan kopi, sebagian warga juga membuka sewa kontrakan untuk warga pendatang yang bekerja di beberapa perusahaan yang berada di wilayah Gintungkerta. “Alhamdulillah, sudah beberapa tahun ini warga menikmati hasil usahanya, itu membuktikan bahwa warga sudah menikmati potensi yang ada,” tambahnya.

Ia mengaku, pihaknya selaku pemerintah desa terus mendorong para pemuda untuk terus melatih serta menumbuhkan wirausahawan, tentunya hal tersebut bertujuan agar perekonomian warga dapat meningkat dengan memaksimal potensi yang dimiliki desa. “Karena berwirausaha ini lebih menjanjikan daripada harus menjadi buruh pabrik,” akunya.

Sementara itu, warga Dusun Gintungkebon RT 11, Desa Gintungkerta Didin Komarudin mengungkapkan, sudah beberapa tahun lalu pihaknya menggeluti usaha toko grosirnya. Karena toko grosirnya menjadi pusat pembelanjaan warung-warung kecil yang ada di wilayah Desa Gintungkerta. “Kebanyakan warung kopi sih, alhamdulillah karena banyak karyawan baik warga dalam maupun luar warung ramai dikunjungi,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *