Harus Pandai Pilih Makanan

H Ana Sugih

KLARI, RAKA – Memasuki musim hujan warga diminta untuk tetap menjaga kesehatan, terutama pandai dalam memilih makanan agar imunitas tubuh tetap terjaga. Promkes UPTD Puskesmas Klari H Ana Sugih mengatakan, Kabupaten Karawang mulai diguyur hujan terutama saat di pagi hari. “Pertanda bahwa bulan-bulan ini sudah memasuki lagi musim hujan,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Selasa (14/9).

Ia menambahkan, di musim hujan seperti ini, warga harus ekstra menjaga kesehatan. Mengingat, berbagai virus dan bakteri akan cepat berkembang. Selain itu, cuaca dingin akan mengganggu imunitas tubuh seseorang, sehingga ia menyarankan untuk tetap memperhatikan kesehatan salah satunya pada pola dan jenis makanan. Ana membeberkan, rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi di musim dingin salah satunya kacang.

Menurutnya, kacang merupakan makanan padat nutrisi dengan banyak senyawa bioaktif. Kacang juga mengandung senyawa fenolik, protein berkualitas tinggi, fitosterol dan serat yang membantu mengurangi kejadian peradangan, kolesterol tinggi, kanker dan banyak penyakit lainnya. Karena rasa lapar lebih sering terjadi selama musim penghujan, kacang membantu menjauhkannya lebih lama untuk mencegah penambahan berat badan dan juga memberikan kehangatan pada tubuh. “Jadi rasa hangat ini hangat ini yang akan membantu tubuh tetap stabil. Sehingga tubuh tidak dipaksa untuk menahan rasa dingin,” bebernya.

Masih dikatakannya, kacang juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Mengingat, di musim hujan kulit akan mudah terserang berbagai penyakit yang membuat kesehatan kulit terganggu. Kacang dipercaya mampu meningkatkan pembentukan kolagen, sampai membantu kulit agar tetap lembap dan elastis. “Sudah dipastikan kacang-kacangan ini memiliki manfaat sehat luar dalam pads tubuh. Terutama kacang tanah dan kacang hijau,” katanya. Ia juga menyarankan, konsumsi makanan di musim hujan harus diimbangi dengan Vitamin C. “Salah satunya pepaya yang dipercaya mamiliki kandungan Vitamin C tinggi, serta membantu pencernaan di musim hujan,” pungkasnya. (mal)