ISPA Terbanyak di Purwasari

Masyarakat Diminta Jaga Imunitas Tubuh

PURWASARI, RAKA – Memasuki musim pancaroba, batuk pilek menjadi penyakit yang mudah menyerang kesehatan warga. Beberapa bahan alami dapat dikonsumsi warga untuk mempercepat penyembuhan. Kepala UPTD Puskesmas Purwasari Maesaroh mengatakan, beberapa minggu ini penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) menjadi terbanyak pada pelayanan Puskesmas Purwasari, hal itu dikarenakan cuaca yang sudah memasuki pancaroba yaitu musim hujan. “ISPA ini seperti batuk pilek bersin, berdahak atau kering yang tentunya sangat mengganggu kenyamanan kita,” ucapnya, saat berbincang dengan Radar Karawang, Minggu (5/12).

Ia menambahkan, meskipun berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut, namun terkadang imunitas tubuh tidak dapat menangkal sehingga virus melumpuhkan daya tahan tubuh, karena dimusim hujan seperti ini perkembangan serta kekuatan virus lebih kuat dari biasanya. “Tentunya potensi virus yang masuk pada tubuh kita akan lebih banyak dan lebih kuat,” tambahnya.
Maesaroh mengaku, untuk mengatasi penyakit yang mengganggu kenyamanan ini, warga dapat melakukan istirahat serta pola tidur yang cukup. “Maka dengan sendirinya imunitas tubuh akan terus meningkat, sehingga virus dapat hilang dari tubuh,” akunya.

Masih dikatakannya, warga juga dapat mengkonsumsi minumn herbal seperti jahe, kunyit yang dipercaya dapat memberikan kehangatan pada tubuh serta teh tawar yang juga memiliki kandungat zat antibakteri dan antivirus. “Sebenarnya cukup sederhana. Walau bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati, maka jangan pernah lupa menggunakan masker saat di luar rumah sehingga dapat mencegah potensi penularan virus dan bakteri,” pungkasnya. (mal)