Jangan Malas Mendidik Anak

PURWASARI, RAKA – Membaca bukan saja menambah kapasitas pengetahuan seseorang, membaca mampu melatih nalar serta dialegtika.
Salah satu orang tua siswa warga Purwasari Rodiah mengatakan, meskipun membaca mampu meningkatkan kualitas intelektual seseorang, akan tetapi masih banyak orang yang masih malas membaca bahkan di kalangan siswa sekalipun. “Katanya membaca itu membosankan, makannya sangat sulit untuk mengawali kegiatan membaca,” ucapnya kepada Radar Karawang, Kamis (30/7).
Ia menambahkan, untuk meningkatkan minat baca tentunya tidak bisa secara instan, hal itu perlu beberapa proses sehingga membaca buku memberikan efek candu.”Caranya ya kita didik anak kita sejak masih usia kecil, sehingga hal itu mampu merangsang pola pikir sang anak, minimal saat menginjak usia 7 tahun atau sekolah dasar,” tambahnya.
Ia mengaku, agar orang tua lebih mudah saat menumbuhkan semangat minat baca sang anak, orang tua bisa membelikan jenis buku yang didominasi dengan gambar dan memberikan reward kepada sang anak setelah membaca buku. “Karena secara psikologis anak ya memang seperti itu, tentunya itu juga untuk melatih durasi konsentrasi anak saat membaca atau belajar,” akunya.
Ia juga berpesan kepada seluruh orang tua siswa di Kecamatan Purwasari untuk tetap telaten serta sabar dalam mendidik anak, tentunya tempat belajar terbaik sang anak bisa didapatkan di lingkungan rumah, hal itu juga mampu meningkatkan kedekatan serta emosional anak dan sang ibu. “Jangan malas mendidik anak, karena anak bisa menunjang masa depan untuk kita semua,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Radar Karawang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *