Lengah, Motor Lenyap Sekejap

Kapolsek Klari
Kompol Relisman Nasution

Masyarakat Harus Selalu Waspada

KLARI, RAKA – Aksi pencurian bisa terjadi kapan pun, di mana pun. Untuk menjaga keselamatan barang berharharga agar tidak dicuri. Kapolsek Klari Kompol Relisman Nasution menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, dan berhati-hati dalam menjaga harta bendanya. “Jangan pernah lengah, bukan tidak mungkin para pelaku pencuri ada di sekitar kita,” ucap Relisman kepada Radar Karawang, Jumat (14/2).

Ia menambahkan, aksi pencurian bukan saja terjadi saat berada di pusat perbelanjaan, namun tidak jarang kasus pencurian terjadi di tengah pemukiman warga, khususnya pencurian kendaraan. “Dalam beberapa menit saja kendaraan kita bisa lenyap, karena para pencuri akan terus berusaha dalam memudahkan aksi kejahatannya,” tambahnya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi hal tersebut, pria yang aktif sebagai ketua DKM itu juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat meminimalisir terjadinya pencurian. Salah satunya mencari tempat parkir kendaraan yang memiliki petugas khusus untuk menjaga kendaraan. “Lebih baik kita berkorban untuk bayar parkir, daripada harus kehilangan satu buah kendaraan kita,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, jika tidak menemukan para petugas parkir, warga diminta untuk mengunci ganda kendaraan. Pasalnya, hal itu dapat memperpanjang durasi aksi pencurian yang dilakukan para pelaku pencurian. “Bisa menggunakan gembok, atau memasang baut pada piringan rem depan, dan sediakan kunci agar baut dapat terpasang dengan kencang sehingga para pencuri akan merasa kesulitan,” tuturnya.

Selain itu, dia menganjurkan untuk memasang CCTV di halaman rumah atau pintu masuk di setiap wilayah RT. tentunya CCTV akan memudahkan para petugas kepolisian untuk mengungkap jika terjadinya pencurian. “Sebenarnya tidak mahal, setiap warga yang berada di satu RT bisa iuran untuk membeli CCTV, dan memasangnya di setiap perbatasan,” terangnya.

Ia berharap dengan terus meningkatkan keamanan di setiap wilayah, hal itu dapat menciptakan lingkungan yang aman, serta dapat meminimalisir hilang harta benda yang dimiliki warga khususnya warga Kecamatan Klari. “Kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang kondusif. Jika terjadi aksi kriminal segera laporkan kepada pihak berwajib,” pungkasnya. (acu)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *