Pemahaman Pengawas TPS Klari Digodok

BIMTEK : Proses bimbingan teknis pengawas TPS yang dilakukan oleh Panwascam Klari di SMK Sehati.

KLARI, RAKA – Sebanyak 345 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Klari dilakukan bimbingan teknis. Kegiatan itu berlangsung di SMK Sehati.

Ketua Panwascam Klari Pahrudin mengatakan, Bimtek PTPS merupakan salah satu mekanisme pada persiapan Pilkada, dimana para petugas akan diberikan bimbingan atau cara kerja yang sesuai aturan pada saat pemilihan berlangsung. “Alhamdulillah sudah berjalan, kegiatan kita laksanakan di gedung SMK Sehati,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Minggu (29/11).

Ia menambahkan, pada pelaksanaan tersebut, para petugas diperkenalkan jenis form yang harus diisi pada saat pelaksanaan berlangsung contohnya form jenis C-1 sampai C-8. “Fungsinya kita sampaikan, jangan sampai teknisnya salah, karena bisa fatal, hari ini perlu difahami agar tidak ada kesalahan pengisian saat menulis data atau perolehan suara,” tambahnya.

Ia mengaku, untuk mencegah paparan Covid-19, pihaknya juga menyampaikan teknis yang telah dianjurkan oleh Bawaslu Kabupaten Karawang pada saat pemungutan suara. Bahkan pelaksanaan Bimtek saja ia lakukan secada tiga tahap sehingga dapat meminimalisir jumlah perkumpulan masa. “Kita bagi tugas tahap untuk Bimtek juga, karena jumlah PTPS di Klari ini cukup banyak jadi kita bagi sesi saja,” ujarnya.

Selain itu, petugas PTPS juga langsung diberikan seragam dan ATK untuk kebutuhan saat pelaksanaan pemilihan berlangsung, pihaknya berharap, Piklada Kabupaten Karawang bisa berjalan dengan lancar serta tidak terjadi kecurangan yang dapat menghambah kondusifitas pemilihan. “Yang pasti kita juga berusaha agar pemilihan ini bisa berjalan dengan lancar, kita tekan potensi kecurangan dan kerusuhan yaitu berkoordinasi dengan pihak KPU, pemerintahan serta pihak kepolisian,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *