Pertahankan Status Lumbung Padi

PANEN RAYA : Petani Desa Tegallega, Kecamatan Ciampel saat menggelar panen raya bersama pemerintah setempat.

Petani Ciampel Komit Jaga Lahan Pertanian

CIAMPEL, RAKA – Untuk memberikan motivasi serta meningkatkan kapasitas petani dalam bercocok tanam, Pemerintah Kecamatan Ciampel dan para petani di Desa Tegallega, Kecamatan Ciampel lakukan kegiatan panen raya.

Camat Ciampel Agus Sugiono mengatakan, panen raya merupakan salah satu kegiatan dalam bentuk rasa syukur dari keberhasilan para petani dalam bercocok tanam. “Alhamdulillah hari ini kita bersama warga bisi melaksanakan kegiatan ini. Tentunya ini menjadi rasa syukur kami karena para petani bisa memanen hasil bercocok tanamnya dengan hasil yang cukup baik,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Kamis (6/8).

Ia menambahkan, selain rasa syukur, kegiatan tersebut juga diisi dengan kegiatan pengarahan kepada para petani yaitu pada pemberian metode bercocok tanam secara pembaruan yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang. Pasalnya kualitas tanah saat ini mengami pengurangan sehingga perlu disesuaikan. “Apalagi saat ini banyak perusahaan yang sedikit banyaknya mencemari lingkungan yang ada, maka dari itu perlu peningkatan kapasitas atau kualitas para petani dalam bercocok tanam,” tambahnya.

Masih dikatakannya, lahan pesawahan yang ada di wilayah Ciampel kini menyisakan sekitar 420 hektare. Tentunya lahan produktif itu harus tetap dipertahankan sehingga tidak menghilangkan simbol Karawang sebagai lubung padi. “Yang pasti kita selaku pemerintah akan terus mendukung para petani dalam bercocok tanam, karena tidak bisa dipungkiri, petani menjadi salah satu elemen yang mampu menjaga stabilitas ketahanan pangan,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *