Sampah Numpuk di Jalan Leuweung Sereh

KOTOR: Sampah berserakan di Jalan Leuweung Sereh.

MALAJAYA, RAKA- Sampah liar masih menjadi masalah di sejumlah wilayah di Kabupaten Karawang, termasuk di jalan menuju Leuweung Sereh yang menyebabkan bau tidak sedap bagi para pengendara. Asep Hidayat (26), warga Desa Duren, Kcamatan Klari mengatakan bahwa dirinya sering lewat Jalan Leuweung Sereh dan di setiap pinggir jalan banyak sampah yang berserakan. “Tiap hari lewat ke sini cuma masih aja banyak tumpukan sampah,” katanya, kepada Radar Karawang, Kamis (27/1).

Asep menambahkan, banyaknya tumpukan sampah di pinggir Jalan Leweng Sereh ini membuat bau tidak sedap dan mengganggu para pengendara. “Jujur saja bau banget, bahkan saya kalau lewat suka menutup hidung saya agar tidak terhirup ketika bernafas,” tambahnya.

Ia menuturkan, bahwa banyaknya sampah liar di sepanjang Jalan Leuweung Sereh diakibatkan belum optimalnya pemerintah dalam memberikan edukasi dan fasilitas tempat pembuangan sampah. “Saya pikir karena memang kurangnya sosialisasi dari pemerintah, sehingga masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Sementara itu, Dedek (25), warga Perumahan Citra Kebun Mas, Desa Bengle, Kecamatan Majalaya mengatakan, bahwa banyaknya sampah liar di sepanjang jalan ke arah Leuweng Sereh karena kurangnya fasilitas tempat pembuangan sampah dan kurangnya sanksi bagi okum masyarakat yang buang sampah sembarangan. “Mereka yang membuang sampah itu karena memang kurangnya fasilitas dan tidak ada sanksi yang tegas bagi orang yang membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (cr8)