Tanam Mahoni dan Jati di Tiap Desa

TANAM POHON : Kapolsek dan Camat Ciampel tengah menanam pohon sebagai pencegahan banjir.

CIAMPEL, RAKA – Untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor, Polsek Ciampel bersama pemerintah Kecamatan Ciampel lakukan penanaman pohon di setiap desa.

Kapolsek Ciampel Iptu Arief Bastomi mengatakan, memasuki musim hujan beberapa wilayah yang ada di Indonesia mengalami bencana mulai dari banjir sampai terjadinya longsor, bahkan diantaranya menelan korban jiwa. “Tentunya ini semua menjadi perhatian untuk kita semua khususnya pihak kepolisian,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Selasa (7/1).

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya longsor dan banjir di wilayah Kabupaten Karawang, khususnya Kecamatan Ciampel, melalui program Polri pihaknya melakukan penanaman pohon di setiap wilayah atau desa. Pohon yang ditanam jenis mahoni dan jati yang dinilai dapat tumbuh lebih besar dan memiliki usia yang cukup panjang. “Alhamdulillah program ini sudah berjalan dan kita sudah laksanakan di setiap desa kebetulan hari ini kita laksanakan di Dusun Kebonkelapa RT 09/04, Desa Kutapohaci,” tambahnya.

Ia mengaku, setiap desa akan ditanami sebanyak 30 pohon di titik yang dinilai berpotensi terjadinya banjir dan longsor, dengan adanya tanaman pohon tersebut dapat meminimalisir terjadinya longsor dan banjir. “Tahun lalu saja katanya disini sempat terjadi longsor karena posisinya berdampingan dengan sungai Citarum, maka dari itu sebisaungkin kita cegah dengan menanami beberapa pohon, minimal pohon ini bisa menyerap air dan meningkatkan kekuatan pada tanah agar tidak mudah rapuh dan longsor,” akunya.

Sementara itu, Camat Ciampel Agus Sugiono mengungkapkan, alih fungsi lahan menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana seperti banyaknya pembangunan perusahaan dan perumahan yang membuat air sulit surut, sehingga masuk pada pemukiman warga. Dengan begitu, pihaknya sangat antusias dengan kegiatan tersebut untuk menciptakan lingkungan Ciampel bebas dari banjir. “Alhamdulillah sampai saat ini wilayah Ciampel kondusif, yang penting kita sebagai pemerintah kecamatan terus melakukan yang terbaik untuk menjaga lingkungan ini,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *