Warga Purwasari Gotong Royong Renovasi Masjid

GOTONG ROYONG : Warga Desa Purwasari gotong royong memperbaiki masjid Jami Darussalam. Kondisi masjid sudah tidak cukup untuk menampung jamaah yang menggelar salah Jumat.

PURWASARI, RAKA – Warga RW 04 Desa Purwasari, Kecamatan Purwasari, gotong royong merenovasi masjid Jami Darussalam, Minggu (11/10). Masjid yang tepat berada di sisi Jalan Raya Cikampek-Karawang tersebut diperluas agar dapat menampung lebih banyak jamaah.

Ketua DKM Masjid Jami Darussalam Usep mengatakan, kondisi masjid saat ini tidak dapat menampung semua jamaah terutama pada hari Jumat, mengingat letaknya yang tepat bersisian dengan jalan nasional.
Disamping itu, kondisi masjid juga dirasa kurang nyaman dan kurang bersih sehingga perlu direnovasi. “Jadi ini inisiatif warga untuk merenovasi dan ditambah (luas) samping dan belakangnya di lantai 2,” terangnya.

Usep menuturkan, renovasi masjid sudah berjalan sejak 3 tahun ini secara bertahap. Sumber dana yang digunakan adalah sumbangsih iuran warga dan sebagian kecil dari donatur di luar warga.
Untuk pengerjaan renovasi pun memberdayakan warga setempat. “Gak ada yang dibayar, semuanya swadaya gotong royong, mungkin memang tujuannya ibadah, alhamdulillah hari ini saja hampir 100 orang,” tuturnya.

Ia sendiri menargetkan renovasi masjid dapat selesai pada akhir tahun ini. Namun demikian, berlanjutnya renovasi mempertimbangkan masih ada atau tidaknya anggaran yang berasal dari sumbangan warga.
Pihaknya sendiri selama ini sudah beberapa kali mengajukan dana renovasi kepada instansi pemerintahan terkait, namun belum ada respon.

Ia juga bersyukur dengan kekompakan warga yang secara sukarela menyisihkan hartanya maupun turut serta gotong royong merenovasi masjid.
Menurutnya untuk berbuat baik tidak melulu dengan materi namun bisa dengan tenaga atau apapun yang dimiliki. “Mudah-mudahan saja amal ibadahnya bisa dilipat gandakan,” pungkasnya. (din)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *