Waspada Penipuan Tabung Gas 3 Kg

Warga Diminta tak Terkecoh

PURWASARI, RAKA- Masyarakat diminta berhati-hati jika ada orang yang datang ke rumah meminta tabung gas 3 Kg untuk ditukar ke tabung gas ukuran 5 Kg. Pasalnya, banyak kejadian warga tertipu dengan modus seperti itu.
Kepala Dusun Tamelang Desa Mekarjaya, Kecamatan Purwasari Dian mengaku ada laporan dari warganya kedatangan sekelompok orang berseragam Pertamina. Mereka datang ke rumah warga meminta tabung gas ukuran 3 Kg dengan alasan akan ditukar dengan tabung gas ukuran 5 Kg. “Tadi ada laporan di wilayah RT 08, katanya ada orang mengatas namakan Pertamina meminta tabung gas 3 Kg, katanya mau ditukar dengan tabung 5 Kg,” katanya, Selasa (5/10).

Kegiatan pengumpulan tersebut, lanjutnya, tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu kepadanya selaku kepala dusun. Oleh karena itu, dia mengimbau kepada warga untuk tidak terburu-buru memberikan tabung gas untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. “Katanya sudah izin ke kepala dusun, sama sekali tidak yang minta izin atau datang ke rumah saya. Oleh karena itu, apabila ada orang yang datang meminta mengumpulkan tabung gas 3 Kg jangan mau tanpa didampingi aparat desa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pintanya.

Terpisah, salah seorang warga yang minta namanya tidak disebutkan mengaku, banyak penipuan yang mengatas namakan penjual gas atau bos pangkalan gas. Beberapa waktu lalu ada kejadian serupa di wilayah Desa Pancawati, Kecamatan Klari. “Pelakunya berhasil ditangkap, karena mau mencuri tabung gas ukuran 3 Kg. Oleh karena itu, warga harus berhati-hati jangan sampai terkecoh,” singkatnya. (asy)