Layanan Medis Saja tak Cukup
KARAWANG, RAKA – Pelayanan yang dilakukan rumah sakit, bukan hanya pelayanan medis. Namun butuh corong informasi yang handal. Karenanya peran Unit Hubungan Masyarakat dan Promosi Kesehatan RSUD Karawang dinilai cukup vital. Karena seluruh persoalan yang terjadi di lingkungan rumah sakit, diantaranya akan menjadi tangung jawab unit tersebut.
Humas Promkes RSUD Karawang Ruhimin menjelaskan, ruang lingkup kerja unitnya, mulai dari memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat yang berobat, hingga persoalan birokrasi di rumah sakit plat merah tersebut.
Dia menyebutkan, tak jarang ditemukan masyarakat kebingungan dengan berbagai persyaratan untuk mendapatkan pelayanan di rumah sakit tersebut. Kasus seperti ini, menjadi salah satu tugasnya memberikan pelayanan informasi informasi.
Apalagi, pelayanan rumah sakit nonstop selama 24 jam. Baik untuk layan darurat, non darurat maupun instansi rawat jalan. Baik pasien umum, peserta asuransi kesehatan, maupun pasienyang dapat jaminan perusahaan.
Karenanya, peran humas pada rumah sakit sangat penting dalam upaya menyosialisasikan hak dan kewajiban pasien, sampai hak dan kewajiban para dokter dalam penyelenggaraan praktik kedokteran yang baik. “Dengan demikian, tidak terjadi masalah yang bisa menurunkan citra rumah sakit,” ucapnya.
Dia menyebutkan, kegiatan utama pelayanan rumah sakit adalah penyelenggaraan jasa pelayanan medik, yang mencakup proses medik sampai menghasilkan pendapatan. Inilah menurutnya, yang nantinya akan dinilai oleh pasien sebagai citra dari rumah sakit tersebut.
Menurutnya, humas harus bisa membina hubungan antara pasien juga rumah sakit dengan membuka jalan komunikasi. “Tugas seorang humas adalah menciptakan hubungan yang baik lintas sektoral dengan konsep komunikasi melalui berbagai jalur. “Sehingga bentuk pelayanan akan berjalan aman dan lancar,” pungkasnya. (yfn)