157 Pasien Corona Dirawat, 14 Meninggal

TES SWAB: Seorang karyawan PT Pupuk Kujang dites swab setelah sebelumnya ada 13 orang terkonfirmasi positif corona di perusahaan plat merah tersebut.

KARAWANG, RAKA – Virus corona perlahan tapi pasti terus menelah korban di Kabupaten Karawang. Data terupdate di laman covid19.karawangkab.go.id tercatat 157 orang yang terpapar virus corona masih dirawat. Berkurang satu orang dibanding Sabtu (12/9). Sedangkan yang sudah sembuh juga bertambah delapan orang jadi 256 orang. Sementara yang meninggal 14 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergyana mengatakan, sejak beberapa pekan terakhir hingga saat ini kasus positif Covid-19 terus bertambah, bahkan ditemukan ada satu keluarga yang positif. “Di Karawang, satu anggota keluarga ada yang positif. Begitu kita tracking, istrinya tertular, anak-anaknya tertular, adiknya tertular sampai ibunya tertular,” kata dia.

Selain itu pihaknya juga menyebutkan, telah ditemukan penyebaran virus corona dari klaster industri, hingga pihaknya bersama Kodim dan Polres setempat sempat menutup sementara pabrik karena terindikasi terjadi penyebaran Covid-19 di pabrik itu. Fitra menyampaikan, agar masyarakat tidak bosan menerapkan protokol kesehatan. Sebab itu menjadi bagian dari upaya yang harus dilakukan dalam mencegah penyebaran Covid-19. “Kita juga perketat pengawasan untuk meningkatkan penggunaan masker di kalangan masyarakat,” kata dia

Catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang, hingga Sabtu (12/9) masih terjadi kenaikan kasus positif Covid-19. Tercatat jumlah total kasus positif Covid-19 mencapai 420 orang, terdiri atas 158 orang masih dalam perawatan, 248 orang dinyatakan sembuh dan 14 orang meninggal dunia. Sedangkan pada Jumat (11/9), jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 404 orang. dengan rincian 149 orang dalam perawatan, 242 orang dinyatakan sembuh dan 13 orang meninggal dunia. “Ini (peningkatan kasus positif Covid-19) harus menjadi perhatian bersama,” kata dia.

Terbaru, sebanyak 13 karyawan Pupuk Kujang terkonfirmasi positif corona. Ade Cahya Kurniawan, Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Kujang mengatakan, tercatat sebanyak 1.000 karyawan terdata untuk melakukan swab Test sedangkan untuk 3.400 keluarga karyawan dan tenaga alih daya melakukan rapid test. “Terhitung hari Rabu tanggal 9 September 2020, berdasarkan hasil swab test terhadap karyawan, ditemukan tiga belas orang karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, tanpa menunggu lama, para karyawan yang terkonfirmasi positif tersebut langsung dijemput oleh Satgas Covid-19 untuk kemudian dirawat dan ditempatkan di fasilitas isolasi di Rumah Sakit Purwakarta dan RS Ciputra Jakarta. Satgas Covid-19 Pupuk Kujang juga telah melakukan tracing terhadap karyawan dan keluarga karyawan yang diduga melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi, terdapat 329 orang dengan dugaan kontak erat dan kepada mereka langsung dilakukan Rapid Test Antigen dan Antibody. “Sampai berita ini dibuat belum ada yang menunjukkan hasil positif dan semua kontak erat ini sedang menjalani isolasi mandiri,” ujarnya. (din/psn)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *