HEADLINEMETROPOLIS

Ada Formasi CPNS yang Belum Terisi

Taopik Maulana

KARAWANG, RAKA – Berbeda dengan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun-tahun sebelumnya, antusias pendaftar tahun ini menurun. Jelang berakhir masa pendaftaran, baru 8.834 pendaftar yang membuat akun dan 5.185 diantaranya sudah submit.

Kepala Bidang Pengadaan dan Pemberhentian ASN Badan Kepegawaian dan Pengembanagan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang Taopik Maulana, mengatakan sejak dibuka 14 Juli lalu, yang mendaftar CPNS dan PPPK tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Hingga, Kamis (15/7) kemarin, ada 8.834 yang sudah membuat akun dan 5.185 yang sudah submit. “Sekarang tidak sebanyak sebelum-sebelumnya. Yang buat akun saja baru 8.000-an dan yang sudah submit baru 5.185-an,” katanya, pada Radar Karawang, Kamis (15/7).

Taopik tidak mengetahui secara pasti penyebab menurunya animo pendaftar. Namun Taopik menduga, ini disebabkan tidak adanya formasi guru CPNS. “Soalnya kan kalau guru hanya PPPK. Sekarang pun yang daftar banyaknya PPPK guru, kalau PPPK non guru masih sedikit,” ujarnya.

Diteruskannya, tahun ini pun ada formasi disabilitas untuk CPNS. Kuotanya 2 persen dari total keseluruhan formasi. Selain persyaratan umum, pelamar disabilitas pun harus menyertakan video kegiatannya selama beraktifitas sehari-hari. “Untuk disabilitas pun kuotanya belum terpenuhi. Total ada 7 kuota, namun baru 2 yang daftar,” paparnya.
Taopik meminta kepada pelamar yang sudah membuat akun untuk segera submit. Dia menyarankan agar pelamar tidak submit di akhir pendaftaran nanti, karena dikhawatirkan jaringannya terganggu. “Kalau bisa segera submit jangan nunggu diakhir,” pintanya.

Taopik juga mengajak masyarakat lainnya yang berminat jadi ASN segera mendaftar. Saat ini masih ada waktu untuk mendaftar sampai 21 Juli mendatang. “Mudah-mudahan jelang akhir ini pendaftar bisa bertambah. Kapan lagi ada kesempatan jadi ASN, karena kita tidak tahu tahun depan akan ada lagi tes CPNS atau tidak,” tutupnya.

Sebelumnya Taopik mengungkapkan formasi yang diberikan untuk Karawang sebanyak 994 formasi dari usulan 1.050. Dari 994 formasi tersebut, 334 diantaranya untuk CPNS dan 660 untuk PPPK. Formasi PPPK diantaranya untuk guru sebanyak 495 orang, kesehatan 150 orang dan tenaga teknis 15 orang. Sedangkan formasi CPNS untuk 95 tenaga kesehatan dan 239 tenaga teknis. “Teknis pendaftaran masih seperti tahun lalu,” pungkasnya. (asy/nce)

Related Articles

Back to top button
Verified by MonsterInsights