Anak Jangan Bergantung pada Gadget

BELAJAR: Siswa mengikuti pembelajaran di sekolah.

KARAWANG, RAKA – Pembelajaran sudah kembali dilakukan secara tatap muka, hal ini disambut antusias siswa. Belajar tatap muka dinilai lebih menyenangkan dan juga bisa melepas siswa dari ketergantungan pada gadget.
Siswa Kelas VI B SDN Karyasari Ahmad Amirullah mengaku senang dapat melaksanakan kegiatan belajar secara tatap muka atau di kelas, hal itu karena bisa ketemu langsung dengan guru maupun teman-temannya. “Enakan belajar di sekolah. Kalau di hape pusing,” katanya, beberapa waktu lalu.
Selain itu, kata Ahmad dengan belajar di sekolah juga dapat menambah ongkos jajan. Sehingga bisa menabung untuk membeli kebutuhan lainnya. “Kalau belajar online gak dikasih ongkos jajan,” paparnya.
Hal serupa dikatakan teman sekelasnya, M Nazril Nurahaman mengaku senang dapat melaksanakan kembali kegiatan belajar di sekolah. Ia mengaku jenuh dengan kegiatan belajar melalui daring. “Kalau belajar di sekolah bisa maen bola juga bareng temen-temen,” ujarnya.
Kepala SDN Karyasari I Rida Ratna Purwanti mengatakan pembelajaran tatap muka ini disambut antusias oleh siswa, karena mereka bisa bertemu langsung dengan gurunya. Meski pembelajaran tatap muka, kata Rida sapaan akrabnya bisa saja tugas sekolah dilaksanakan secara online. “Ketika guru tidak hadir di kelas, tetap media online itu kita gunakan,” imbuhnya.
Ketika kegiatan belajar dilaksanakan di kelas, Rida meminta guru agar supaya menyajikan pembelajaran yang membuat anak semangat.
“Guru harus memberikan model pembelajaran baru sesuai dengan kebutuhan kurikulum baru,” ujarnya.
Wakil Bupati Karawang Aep Saepuloh menegaskan guru dan orang tua harus berperan serta agar anak-anak ini tidak ketergantungan dengan gadget. Aep menginginkan dengan pembelajaran tatap muka ini dapat memberikan yang terbaik untuk siswa. “Karena beda sekali antara pembelajaran tatap muka dengan daring ini,” imbuhnya saat ditanya beberapa hari lalu. (mra)

Tinggalkan Balasan