Anggaran Kacer Rp31 Miliar

KARAWANG, RAKA – Pemerintah Kabupaten Karawang tahun ini menggelontorkan anggaran sebesar Rp31 miliar untuk program beasiswa Karawang Cerdas (Kacer). Tahun ini ada kriteria baru penerima beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa ini, yaitu tahfidz Alquran dan anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena Covid-19.

Berdasarkan Perbup Nomor 33 Tahun 2021 tentang Karawang Cerdas, peserta program ini merupakan warga Karawang yang kelahirannya di Karawang. Peserta Kacer warga yang kelahirannya bukan di Karawang, harus bersekolah SD sederajat, SMP sederajat dan SMA sederajat untuk pendaftaran jalur tertentu.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, ada beberapa jalur pendaftaran yang bisa ditempuh, diantaranya jalur Covid-19, jalur Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), jalur Paskibraka, jalur tahfidz Alquran, jalur ASN/TNI/Polri, jalur anak berkebutuhan khusus, jalur prestasi juara umum, jalur prestasi non akademis dan jalur perguruan tinggi di luar negeri bagi warga Karawang yang berkuliah strata 1 di luar negeri.

Kasubag Kesejahteraan Sosial Bagian Kesra Setda Kabupaten Karawang Ahmad Nurjaya mengatakan, program beasiswa Kacer merupakan program unggulan Bupati Karawang dalam peningkatan Sumber daya manusia. “Program beasiswa Kacer ini untuk peningkatan IPM Kabupaten Karawang,” ucap pria berkumis ini, saat berbincang dengan Radar Karawang, Kamis (23/9).

Ahmad menerangkan, bahwa beasiswa Kacer tahun ini mengalami kenaikan anggaran dan kuota penerimanya pun bertambah namun nominal yang didapatkan bagi penerima yang baru berkurang. “31 miliar untuk anggaran tahun 2021 dengan kuota penerima bertambah, namun kami belum bisa memastikan berapa kuota yang siapkan,” terang PNS golongan IV A ini.

Ahmad menjelaskan, bahwa nominal uang yang diterima penerima baru beasiswa Karawang Cerdas tahun ini hanya Rp9 juta per orang, sedangkan yang lanjutan atau yang penerima yang sebelumnya tetap mendapatkan Rp12 juta per rang. “Hal ini dilakukan agar yang nerima manfaat beasiswa Karawang Cerdas makin banyak,” jelasnya.

Dia pun menuturkan bahwa program beasiswa Kacer kali ini ada beberapa jalur yakni beasiswa jalur Covid-19, keluarga tidak mampu, Tahfidz Quran, prestasi akademis dan prestasi non Akademis serta jalur PNS/TNI/Polri. “Yang terbaru ada dua jalur yakni jalur beasiswa covid dan Tahfidz Quran,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa pendaftaran beasiswa Kacer akan dimulai 27 September mendatang. “Terkait pendaftaran beasiswa Karawang Cerdas lebih lanjut bisa dilihat di website beasiswacerdas.karawangkab.go.id,” tutupnya. (cr8)