Arus Balik, Tol Cikampek Contraflow

PADAT: Gerbang Tol Cikampek dipadati oleh pengendara yang pulang dari kampung halamannya.

KARAWANG, RAKA – Sebanyak 203 personel Polres Karawang disiagakan untuk memantau arus balik Idul Adha yang diperkirakan sampai hari Senin (3/8).

Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin mengatakan, pihaknya menurunkan 203 personel dari Polres Karawang untuk melakukan pemantauan arus balik pasca mudik Idul Adha.

Untuk jalur arteri, kata Rachman, pihaknya memberlakukan contraflow jika arus balik cukup banyak.
“Dan saat ini sudah diberlakukan larangan melintas untuk kendaraan sumbu tiga ke atas di jalan tol,” kata Rachman kepada Radar Karawang, Minggu (2/8).

Kasat Lantas Polres Karawang AKP Bima Gunawan mengatakan, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan, pihaknya sudah menyediakan sarana prasarana untuk menutup beberapa u turn di jalur arteri. Namun karena kondisi masih lancar, penutupan u turn belum dilakukan.
“Kita siapkan sarprasnya, namun kita tutup nanti melihat pantauan arus bila sudah nampak peningkatan,” ujarnya.

Bima mengatakan, arus balik Idul Adha diperkirakan akan terjadi hingga Senin pagi. Kepadatan kendaraan di jalur arteri diperkirakan akan terjadi di Klari sampai Peundeuy.
“Perkiraan padat nanti di Klari-Peundeuy,” ucapnya.

Sementara itu, petugas melakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. “Arus lalu lintas cukup padat, sehingga dilakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Kebijakan ini kami lakukan mulai pukul 13.55 WIB,” ujar General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati.

Menurut dia, kepadatan arus terjadi pada titik pertemuan arus Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Jakarta. Selain itu, kata Widiyatmiko, kepadatan juga terjadi di titik menuju rest area atau tempat istirahat. “Oleh karena itu, rekayasa arus lawan (contraflow) diterapkan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, mulai dari kilometer 65 sampai klometer 47,” ucap dia. (nce)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *