Bantuan APD Mulai Berdatangan

LAWAN CORONA: Petugas RSUD Karawang mencatat bantuan APD yang datang ke RSUD. Bantuan APD mulai berdatangan dari berbagai elemen masyarakat untuk membantu petugas medis mengatasi penyebaran virus corona.

KARAWANG, RAKA – Bantuan alat pelindung diri (APD) untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang mulai berdatangan. APD tersebut untuk keperluan tenaga medis yang menangani pasien terkait kasus corona serta para karyawan rumah sakit.

Bantuan datang dari berbagai elemen masyarakat. Senin (30/3) kemarin misalnya, bantuan APD berupa masker dari komunitas masyarakat. Selain APD, hand sanitizer dan vitamin juga menjadi bagian bantuan yang diberikan. “Saat wabah corona seperti ini rumah sakit pasti membutuhkan bantuan APD,” terang Humas RSUD Karawang Ruhimin.

Ruhimin menuturkan, manajemen RSUD sempat membuat surat permohonan bantuan untuk diserahkan kepada berbagai perusahaan di Karawang. Namun ternyata Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang telah lebih dulu melakukan itu. Sehingga bantuan kelengkapan APD alurnya melalui pemda untuk kemudian didistribusikan ke tiga rumah sakit rujukan penanganan corona di Karawang. Adapun bantuan yang diterima langsung oleh RSUD Karawang dari masyarakat hanya yang berjumlah kecil dan bukan berupa uang. Bantuan ini pun nantinya aka dilaporkan kepada Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang. “Kecuali mungkin kalau yang jumlahnya banyak melalui pemda sih,” terangnya.

Ruhimin juga mengatakan, RSUD Karawang, satu dari tiga rumah sakit yang disiapkan sebagai rujukan pasien positif corona. Ruang isolasi khusus untuk pasien positif corona memanfaatkan dua lantai di Ruang Cikampek. “Khusus untuk ruang isolasi, ada 24 tempat tidur,” ucapnya.
Ruhimin mengatakan semua tempat tidur tersebut sudah ditempati oleh pasien positif corona maupun pasien dalam pengawasan (PDP). Bahkan ada satu pasien yang akan dirujuk ke Rumah Sakit Hermina yang belum lama ini dibangun. “Karena setiap harinya PDP ada saja (pasien baru),” tambahnya. (din)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *