METROPOLIS

BEM Unsika Tantang Bacabup Debat Terbuka di Kampus

KARAWANG, RAKA– Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) menggelar audiensi dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kabupaten Karawang dalam rangka mengajak kolaborasi untuk menyelenggarakan debat terbuka calon Bupati Karawang di lingkungan akademis.
Tri Prasetio Putra Mumpuni Deputi Kajian dan Aksi Strategis BEM Unsika mengatakan, dalam audiensi yang dilakukan BEM Unsika dengan KPU Kabupaten Karawang pihaknya mengajak kolaborasi dalam rangka menguji kapasitas pada calon bupati Kabupaten Karawang di ruang akademisi. “Harapan besar kami, para calon berani dan siap untuk datang ke kampus Unsika untuk memperdebatkan ide dan gagasan mereka demi Karawang lima tahun ke depan,” tuturnya, Selasa (11/6).
Menurutnya, audiensi ini menekankan pentingnya keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses demokrasi dan bagaimana kampus dapat menjadi tempat untuk menguji dan memperdalam visi serta misi para calon pemimpin daerah. BEM Unsika menginginkan agar para calon bupati tidak hanya berbicara di panggung politik tetapi di hadapan komunitas akademis yang kritis dan cerdas. “Debat terbuka ini bukan sekadar ajang formalitas, tetapi kesempatan bagi para calon untuk menunjukkan integritas dan komitmen nyata mereka. Kami menantang mereka untuk berdialog langsung dengan mahasiswa dan masyarakat kampus, menguji ide-ide mereka dengan pertanyaan-pertanyaan kritis,” terangnya.
Lanjutnya, dengan adanya debat terbuka ini, BEM Unsika berharap bisa memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan pemilihan yang lebih transparan, akuntabel, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat Karawang. BEM Unsika pun mengundang seluruh mahasiswa dan civitas akademika untuk terlibat aktif dalam acara ini, guna bersama-sama mengawal proses demokrasi yang bersih dan bermartabat di Karawang. “Kami percaya bahwa kampus adalah tempat terbaik untuk menakar kemampuan kepemimpinan, karena di sini, debat dan diskusi ilmiah menjadi bagian integral dari pembelajaran,”tegasnya.
Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Karawang Mari Fitriana mengatakan, untuk debat calon bupati dan wakil bupati KPU sudah memiliki format tersendiri tetapi masukan dari BEM Unsika akan ditampung dan KPU Kabupaten Karawang bersama BEM Unsika akan bekerja sama untuk kegiatan sosialisasi Pilkada tahun 2024. “Ada beberapa kerjasama kegiatan sosialisasi untuk Pilkada 2024 yang akan digarap oleh BEM Unsika bersama KPU Karawang,” tutupnya. (zal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by MonsterInsights