Sisternet Perbesar Manfaat untuk Perempuan Indonesia
Gelar Community Gathering dan Sosialisasi Program “Kompetisi Modal Pintar 2024”
Surabaya, 9 September 2024. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperbesar manfaat program “Sisternet”, yang ditujukan bagi perempuan Indonesia untuk #jadilebihbaik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan terus mendorong peningkatan literasi digital di kalangan perempuan pemilik dan pengelola usaha mikro kecil menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. XL Axiata meyakini, pemanfaatan sarana dan teknologi digital akan bisa mempercepat UMKM perempuan untuk lebih berdaya, produktif, dan “naik kelas”. Salah satu cara untuk mendorong peningkatan literasi digital tersebut adalah dengan menyelenggarakan Kompetisi Modal Pintar 2024. Bekerjasama dengan FUZZ Creative Agency, Sisternet mengadakan talkshow dengan tema #PerempuanNaikKelas di Surabaya (07/09), sekaligus mensosialisasikan program Kompetisi Modal Pintar 2024 kepada 100 UMKM Perempuan.
Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, mengatakan, “Melalui Sisternet, kami berkomitmen untuk mendukung pemberdayaan perempuan Indonesia melalui peningkatan literasi digital agar mereka mampu menjadi agen perubahan untuk keluarga dan masyarakat di sekitarnya. Program ini dilaksanakan dalam rangka untuk mendukung pemberdayaan 1 juta perempuan Indonesia. Kami telah menyiapkan berbagai rencana untuk mendukung perempuan Indonesia lebih berdaya, termasuk bagi mereka yang memiliki dan mengelola UMKM, serta merupakan penyandang disabilitas.”
Dodik menambahkan program talkshow dan sosialisasi Kompetisi Modal Pintar 2024 yang dilaksanakan di Surabaya ini merupakan komitmen XL Axiata dalam menciptakan ekosistem digital yang lebih inklusif, dan berdaya saing bagi 1 juta perempuan Indonesia dengan menyediakan kemudahan antara lain berupa penyediaan akses pendidikan, pelatihan, dan jaringan untuk membantu perempuan mengembangkan keterampilan, memperluas bisnis, dan memanfaatkan teknologi untuk mencapai kesuksesan.
Kompetisi Modal Pintar 2024 oleh Sisternet memberikan kesempatan kepada kalangan perempuan pemilik UMKM untuk mengikuti beragam kelas keahlian digital yang diperlukan untuk pengembangan usaha. Selain itu, kompetisi ini juga memberikan tantangan kepada peserta untuk berani mengambil peluang bisnis berupa hasil modal usaha sebesar total Rp 100 juta, plus pendampingan dari sejumlah ahli untuk mengembangkan usaha mereka. Untuk dapat mengikuti Kompetisi Modal Pintar 2024 ini, para peserta wajib melakukan pendaftaran melalui aplikasi Sisternet, dengan cara submit artikel rencana, mengikuti seluruh rangkaian kelas pelatihan atau webinar, serta membuat rencana bisnis selama dua tahun ke depan, jelas Dodik.
Talkshow yang digelar di Surabaya ini, menghadirkan pembicara yang sudah berhasil dan berkompeten di bidang UMKM, antara lain UMKM Binaan Sisternet yaitu Yessie Natasia CEO of FASHIONISTAS, YORRI , and FUZZ, Khatarine Paula CEO of Cap Sayang Indonesia, Tyas Nastiti, Lecturer, Entrepreneur, & Content Creator, Adellia Nike, Travel creator tiketcom dan Founder tiktok affiliate AndroidNye, dr. Ellen Sidowati,Sp. DVE, Dokter Specialist Kulit ERHA, Ajeng Fatima, Owner of Amagi Group dan Adelia Panjaitan, Product Owner Sisternet XL Axiata.
Talkshow yang dihadiri oleh sekitar 100 UMKM Perempuan yang berada di Surabaya dan sekitarnya ini membahas beberapa materi antara lain pentingnya networking (jaringan bisnis), investasi penampilan, konsisten membangun bisnis yang kuat dan bagaimana ikutan kompetisi bisnis untuk perkembangan diri dan bisnis seperti Kompetisi Modal Pintar 2024.
Dimulai sejak tahun 2015, Sisternet telah menyelenggarakan beragam program pemanfaatan teknologi digital untuk memberdayakan perempuan. Program Sisternet ini telah menyelenggarakan lebih dari 1.000 kelas pengembangan diri bagi perempuan. Sebanyak lebih dari 564ribu perempuan Indonesia menjadi peserta kelas-kelas edukasi pemanfaatan sarana digital tersebut.
Informasi lengkap mengenai program Sisternet Kompetisi Modal Pintar 2024 dan semua aktifitas serta keseruannya dapat diakses melalui aplikasi Sisternet. Aplikasi Sisternet menyajikan banyak sekali informasi yang bisa dipelajari serta dimanfaatkan oleh para perempuan untuk mengembangkan potensi diri serta meningkatkan keahlian, mulai dari perawatan diri, kesehatan keluarga, parenting, hingga keahlian dalam pengelolaan keuangan.
Di aplikasi Sisternet terdapat banyak fitur, seperti artikel edukasi, finansister, berbagai kelas webinar dengan topik yang menarik, forum edukasi melalui diskusi pintar, toko Sister yang merupakan slot promosi untuk para UMKM perempuan binaan Sisternet, dan juga web banner gratis yang dapat digunakan untuk promosi. Hingga saat ini, total ada lebih dari 564ribu perempuan Indonesia yang mendapatkan dukungan dari XL Axiata melalui aplikasi Sisternet yang dapat diunduh melalui Apple App Store dan Google Playstore.
Tentang XL Axiata
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan konvergensi guna memberikan kemudahan bagi aktivitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak 2015, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE berkualitas dengan skala nasional, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan jaringan 5G di kuartal ketiga 2021. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan CelcomDigi (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Boost, ADA, edotco, dan Link Net (Indonesia).
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Reza Mirza
Group Head Corporate Communications & Sustainability XL Axiata
Telp: +62 817-0007-110
Email: REZAZ@xl.co.id