Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Tengah Covid-19

KARAWANG, RAKA – Untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), lakukan sosialisasi yang bekerjasama dengan BNNK Kabupaten Karawang.

Dosen Fakultas Hukum Unsika Dr Candra Hayatul Iman mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 yang telah melanda hampir seluruh dunia yang tidak terkecuali di Indonesia sendiri sangatlah berpengaruh pada beberapa aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial, dan lain-lain. Tidak terkecuali peredaran narkotika di Indonesia.

“Di tengah terjadinya krisis ekonomi banyak orang-orang kehilangan pekerjaan atau mata pencaharian dan lain-lain, peredaran narkotika justru meningkat pada masa pandemi Covid-19 ini. Percepatan penanggulangan dalam pemecahan masalah kebencanaan dalam rehabiltasi dan rekonstrukturisasi bencana akibat pandemik Covid-19, dilakukan melalui kegiatan pengabdian masyarakat terintegrasi dengan program KKN tematik,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Sabtu (22/11).

Ia menambahkan, KKN Tematik merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat civitas akademika Unsika. Tujuan pelaksanaan kegiatan KKN sekaligus program pengabdian kepada masyarakat ini bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kabupaten Karawang.

“Dalam situasi saat ini upaya sosialisasi bahaya narkoba yang biasanya menghadirkan massa besar tentunya tidak dapat lagi dilakukan untuk sementara waktu,” tambahnya.

Ia mengaku, kegiatan itu bersama dengan BNNK melalui Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat mengambil langkah pencegahan yang tetap aman dan memberikan dampak yang signifikan kepada masyarakat.

Kegiatan Sosialisasi online “diskusi online” yang telah dilaksanakan pada hari Jumat 30 oktober 2020 pukul 13.00 wib yang diselenggarakan oleh tim KKN BNNK Kabupaten Karawang bersama dengan Dosen pengabdian masyarakat Unsika dengan diikuti 199 peserta dari berbagai kalangan masyarakat di Kabupaten Karawang dan diluar Karawang.

Masih dikatakannya, selain sosialisasi dalam bentuk diskusi online kegiatan Pengabdian masyarakat kepada masyarakat (PkM) dengan tim KKN BNNK Kabupaten Karawang juga melanjutkan kegiatan sosialisasi dengan judul “Sosialisasi Peran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Karawang Serta Masyarakat dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Di Masa Pandemi Covid-19.

“Pada perwakilan desa/kelurahan antara lain Desa Puseurjaya Telukjambe Karawang, Kelurahan Karawang Wetan, Kelurahan Palumbonsari, Kelurahan Plawad, Desa Lemahabang, serta sekolah-sekolah seperti SMA Negeri 1 Telukjambe Karawang dan SMA Negeri 3 Karawang,” katanya.

Pihaknya berharap, Dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat Unsika dengan KKN tematik yang telah dilaksanakan diharapkan partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di masa pandemi Covid-19.

“Dengan media sosial untuk saling bertukar informasi terkait upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika di masa pandemi Covid-19,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Radar Karawang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *