Daerah Langganan Banjir Butuh Solusi Permanen

DATANGI PENGUNGSI: Menteri Sosial Juliari P. Batubara menghibur anak-anak di pengunsian Desa Karangligar.

KARAWANG, RAKA – Banjir di Karawang setiap tahun terjadi, sampai saat ini belum ada solusi konkret dari Pemda Karawang sehingga banjir terus berulang. Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan, harus ada solusi permanen agar banjir tidak terjadi lagi. Ada beberapa pilihan, seperti relokasi warga dari daerah yang sudah tidak layak dihuni atau normalisasi sungai agar dapat mengurangi frekuensi atau bahkan menanggulangi masalah banjir. “Memang harus ada solusi yang permanen. Artinya kalau begini kita siap-siap saja tahun depan ada banjir lagi, datang lagi untuk kasih bantuan. Tapi saya kira memang harus ada rekayasa yang permanen,” katanya, Rabu (26/2) usai melihat kondisi korban banjir di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat.

Menurutnya, dia sudah berkomunikasi dengan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, yang hadir dalam kunjungan itu. Menurut Bupati, dia sudah berbicara dengan Kementerian PUPR soal langkah nyata mengatasi banjir di daerah tersebut. “Wilayah Karawang ini kan penting. Artinya sebagai penyangga Jakarta, industri juga semua di sini, perumahan banyak, nanti juga ada kereta cepat lewat sini. Jadi saya kira dari sisi bantuan kami siap, tapi kita harapkan ada solusi permanen,” tuturnya.

Juliari menyampaikan dukungannya terhadap upaya pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan pengungsi. “Sejauh ini, saya kira penanganannya sudah cukup baik, tapi tentunya kita akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, prinsipnya kita siap mendukung apapun yang kita bisa kita kirim, kita dukung”, pungkasnya.

Dalam kunjungannya kali ini, Juliari juga memberikan bantuan untuk korban banjir di Karawang. Total alokasi bantuan yang disalurkan untuk Kabupaten Karawang sebesar Rp290.122.784 dengan rincian logistik tahap 1 sebesar Rp38.184.000 dan logistik tahap 2 sebesar Rp251.938.784. (cr5)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

7 Comments

  1. I simply want to mention I am newbie to blogging and certainly liked you’re web page. Very likely I’m going to bookmark your blog . You certainly come with wonderful articles. Thanks a bunch for sharing your web-site.

  2. I just want to mention I am beginner to blogging and certainly liked this blog site. More than likely I’m going to bookmark your blog . You certainly have fabulous article content. Kudos for sharing your web site.

  3. Oh my goodness! an incredible article dude. Thanks However I am experiencing situation with ur rss . Dont know why Unable to subscribe to it. Is there anyone getting an identical rss downside? Anybody who knows kindly respond. Thnkx

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *