METROPOLIS

Daftar Sidang Online Kurangi Antrean di Pengadilan Agama

KARAWANG, RAKA – Pengadilan Agama Karawang mempunyai inovasi terbaru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat yang mau daftar sidang, tidak perlu datang langsung ke kantor tapi bisa menggunakan aplikasi secara online. Pendaftaran online ini, bisa kurangi antrean di kantor Pengadilan Agama Karawang.
Humas Pengadilan Agama Karawang Asep Syuyuti menyampaikan, inovasi tersebut terletak pada tata cara pendaftaran sidang. Saat ini masyarakat dapat mendaftar nomor antrean sidang melalui online 3 hari sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi adanya penumpukan antrean secara langsung di kantor. “Inovasinya sekarang kebanyakan di IT, sekarang itu untuk antrean sidang sudah bisa online. Misalnya jadwal sidangnya hari ini, 3 hari sebelumnya kita sudah bisa mengambil nomor antrian. Jadi masyarakat tidak harus menunggu terlalu lama di kantor,” ujarnya, Selasa (8/7).
Tidak hanya itu, saat ini pun telah ada pemberitahuan notifikasi yang diberikan kepada penggugat melalui Whatsapp terkait informasi pelaksanaan sidang. Inovasi ini telah ada sejak tahun 2023 lalu. Asep menyatakan, sekarang Pengadilan Agama Karawang sedang dalam proses menuju tahapan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). “Kemudian juga kepada para pihak penggugat sudah ada notifikasi melalui WhatsApp dan juga SMS. Sejak tahun 2023 kemarin, predikat kita sekarang sudah Wilayah Bebas Korupsi (WBK) sedang menuju ke Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” jelasnya.
Selama adanya inovasi dalam bidang Ilmu Teknologi tidak ditemukan kendala apapun. Pengadilan Agama pun telah memberikan ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan kritik dan saran terkait pelayanan yang telah dilakukan. “Alhamdulillah di sistem tidak ada kendala apapun selama ini. Kita juga setiap hari ada survey layanan masyarakat. Jadi masyarakat bisa memberikan kritik dan saran kepada kami,” tutupnya. (nad)

Related Articles

Back to top button
Verified by MonsterInsights