Daftar Tunggu Haji 20 Tahun

KARAWANG, RAKA- Calon jamaah haji yang ingin menunaikan ibadah ke tanah suci di Kabupaten Karawang harus bersabar, soalnya hari daftar tidak bisa langsung berangkat tapi harus menunggu hingga 20 tahun lamanya.
Kepala Seksi Penyelenggaraan Umroh dan Haji Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Karawang Drs. Muhammad Azizi menjelaskan, kuota haji ikut pada kuota Provinsi Jawa Barat. “Untuk pendaftar tahun ini, insya Allah berangkat tahun 2041. Sesuai dengan aturan dari organisasi negara-negara Islam,” jelas Azizi, Rabu (13/10).

Azizi pun menuturkan bahwa sampai saat ini sudah puluhan ribu jamaah haji yang mendaftar di Kemenag Karawang. “Sampai saat ini sudah ada 45 ribu jamaah haji yang mengantre sampai 2041,” tuturnya. Ia menerangkan, bahwa Kabupaten Karawang kalau dalam kondisi normal setiap pemberangkatan ibadah haji kuotanya mencapai dua ribu orang. “Kalau pandemi begini belum tahu, kemungkinan kayanya dikurangi kuotanya,” terangnya.

Terpisah, Tia (30), warga Pasirmalang, Kecamatan Tirtamulya mengaku bersedih karena kedua orang tuanya meninggal sebelum berangkat ibadah ke tanah suci, karena memang harus menunggu antrean. “Ibu dan bapak saya kebagian berangkat tahun 2022, namun sekarang sudah pada tiada dan dirinya dan suaminya yang akan menggantikan ibadah haji orang tuanya,” ucapnya. (cr8)