Dana Desa Lemahmukti Rp1,27 Miliar

BANGUN TPT : Pembangunan tembok penahan tanah yang dilakukan di wilayah Desa Lemahmukti. Pembangunan tersebut dengan menggunakan dana desa.

KARAWANG, RAKA – Dipercaya menjadi Kepala Desa Lemahmukti, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang, H Damung, berkomitmen merealisasikan infrastruktur yang menjadi tanggungjawabnya. Pasalnya, selain pembangunan infrastruktur, juga untuk memfasilitasi berbagai sarana masyarakat.

Tahun 2019 ini, kata H Damung, Dana Desa (DD) yang diterima dari pemerintah pusat nominalnya cukup besar, sekitar Rp1,27 miliar. Namun, untuk DD tahap 1 ini pihaknya terima Rp255 juta dan langsung dibangunkan infrastruktur jenis turap Penahan Tanah (TPT) dan drainase dengan panjang 699 meter.

Adapun lokasi yang menjadi titik pembangunan diantaranya, di Dusun Krajan 1 dengan panjang 316,1 meter, Dusun Gebang Carang Panjang Timur – Barat sepanjang 250,8 meter, dan Selatan – Utara 132 meter. “Kita fokuskan dulu kebutuhan masyarakat, mulai dari pembangunan infrastruktur dan kebutuhan lainnya,” katanya.

Sementara untuk pembangunan lainnya, ia sudah merealisasikan pembangunan jalan setapak (Japak) di Dusun Krajan 2,┬áDusun Gebangcaranng arah makam keramat, dan revitalisasi posyandu. “Selanjutnya masih banyak PR, karena di Lemahmukti ini masih banyak akses jalan yang kurang baik, drainase yang belum tertata, hingga pembangunan fisik lainnya,” ucapnya.

Menurutnya, baik dari dana desa, Bangub maulun aspirasi DPRD. Ia akan terus berupaya agar pembangungan di desanya bisa segera diselesaikan.
Yang pasti, upaya itu untuk menuntaskan sarana fisik di desa bisa teru berjalan, utamanya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Di samping itu, dengan banyaknya pembangunan ini ia ingin masyarakatnya merasakan. Selain hasilnya, prosesnya pun ia tekan kan agar bisa dilakukan oleh masyarakat setempat.

Artinya, pekerjaan yang dilakukan di Desa Lemahmukti ini akan menggunakan tenaga kerja lokal, dan tidak diborongkan kepada pekerja di luar desa. “Kita ingin memberdayakan ekonomi juga bersama masyarakat sekitar, sambil terus memantau kualitas pekerjaan agar baik dan lancar,” pungkasnya. (rok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here