Fokus Atasi Miskin Ekstrem

WARGA MISKIN: Jamhuri (50) warga Karajan, Desa Kemiri, Kecamatan Jayakerta, duduk di beranda rumah reyot berbahan bilik.

Kembangkan Teknologi Tepat Guna di Desa

KARAWANG, RAKA – Pengembangan teknologi bisa mendongkrak kemajuan desa. Itu yang akan dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melalui program pengembangan teknologi tepat guna.

Kabid Pengembangan Desa DPMD Kabupaten Karawang Baehaki mengatakan, berdasarkan tugas dan fungsinya sebagai bidang pengembangan desa, pada tahun 2022 nanti pihaknya akan mencoba melakukan inovasi terhadap desa melalui pengembangan teknologi tepat guna. Karena, salah satu pengembangan masyarakat dalam suatu desa yaitu pengembangan teknologi. Hal itu disebutnya juga sebagai penunjang untuk menyelesaikan persoalan miskin ekstrem di beberapa desa.
“Tahun 2022 kita fokus miskin ekstrem. Salah satu programnya pengembangan teknologi tepat guna,” kata Baehaki saat ditemui di ruang kerjanya.

Baehaki menuturkan, melalui program teknologi tepat guna tersebut, pihaknya akan mendorong desa-desa untuk lebih berinovasi terutama dalam hal pengembangan UMKM. Melalui program dari bidang pengembangan desa, ia berharap desa-desa di Karawang bisa lebih menggali potensi di wilayahnya masing-masing. “Pengembangan mengenai bagaimana memaksimalkan potensi sumber daya alam yang ada,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Baehaki, pihaknya juga akan mendorong terhadap desa yang memiliki potensi kegiatan ekonomi. Melalui pengembangan teknologi tepat guna ini, produk-produk makanan yang dihasilkan dari desa tersebut diharapkan bisa menjadi ikon dan dipasarkan menjadi khas produk Karawang. “Nanti kami koordinasi dengan UMKM. Kami juga sudah gelar beberapa pelatihan,” ucapnya. (nce)