10 Wakil di Kompetisi Sains Nasional, Siswa Digembleng Latihan

LATIHAN: Salah seorang siswa di Rawamerta berlatih mempersiapkan lomba Sains Nasional beberapa waktu kedepan. Siswa ditargetkan menjuarai setiap lomba yang diikuti.

RAWAMERTA, RAKA – Sepuluh pelajar SD di wilayah Rawamerta, tengah dibina untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) di tingkat kabupaten setempat. Pembinaan peserta tersebut dilakukan di sekolah masing-masing.
Ketua Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Rawamerta Ervan Hendar menyebut, peserta yang akan mewakili dalam Kompetisi Sains Nasional ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Adapun peserta yang diikutsertakan tahun ini adalah siswa dari peserta juara ke dua gebyar KSN tingkat kecamatan tahun lalu. Hal itu karena tahun ini tidak mengadakan gebyar KSN di tingkat kecamatan lantaran tidak diperbolehkan melakukan kegiatan yang mengundang banyak orang. “Biasanya, di kecamatan ini mengadakan gebyar KSN untuk menjaring siswa yang akan mewakili KSN di tingkat kabupaten,” imbuhnya, saat ditemui di SDN Pasirkaliki I.
Lebih lanjut Ervan menyebut, terdapat enam mata lomba yang akan diikuti oleh siswa SD se-Rawamerta dalam KSN tahun ini, yaitu baca tulis dan menghitung atau calistung untuk kelas 1, 2 dan 3. Kemudian siswa berprestasi, matematika untuk kelas 4 dan 5, serta Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk kelas 4 dan 5. “Biasanya KSN tingkat kabupaten ini dilaksanakan pada bulan Maret,” ujarnya.
Ervan menambahkan, untuk pembinaan peserta KSN ini dilakukan di sekolah masing-masing, dan mereka diberi pembinaan oleh gurunya sesuai mata lomba yang diikuti.
“Teknis pembinaannya di kembalikan ke sekolah masing-masing, ada yang anaknya datang ke sekolah dan ada juga gurunya datang ke rumah siswa,” pungkasnya. (mra)