3.870 Anak Sasaran Imunisasi,Baru Terealisasi 47 Persen

IMUNISASI: Pelaksanaan BIAN di Kecamatan Kotabaru. Di Kotabaru, ada 3.870 anak yang menjadi sasaran imunisasi. Saat ini, baru 47 persen anak sudah mendapatkan imunisasi.

KOTABARU, RAKA – Sejak awal Agustus 2022, semua puskesmas di Karawang tengah sibuk dengan kegiatan imunisasi anak. Termasuk Puskesmas Kotabaru. Sampai kemarin, Puskesmas Kotabaru masih mengejar target imunisasi yang harus dicapai pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).
Kepala Puskesmas Kotabaru Ucin Supriyadi mengatakan, pada bulan Agustus ini pihaknya tengah disibukan dengan berbagai agenda. Diantaranya BIAN, pemberian vitamin A, penimbangan, screenin TB dan kegiatan lainnya. Sejak 1 Agustus 2022 lalu pihaknya telah menyisir semua posyandu yang ada di wilayah kerjanya dalam rangka melaksanakan program BIAN. Kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan sampai 19 Agustus mendatang. “Kegiatan di masing-masing posyandu sebanyak 61 posyandu. Kita mulai dari tanggal 1 biar cepat selesai dan bisa sweeping yang belum,” katanya, kepada Radar Karawang, Kamis (11/8).
Ucin menuturkan, sasaran BIAN pada Puskesmas Kotabaru sebanyak 3.870 anak dengan usia 9 sampai 59 bulan. Sementara sampai 10 Agustus 2022 baru diangka 1.834 atau dengan prosentase 47,39 persen. Adapun pemberian imunisasi yang diberikan yaitu imunisasi tambahan campak rubela dan imunisasi kejar untuk melengkapi imunisasi pada anak. “BIAN hanya tahun ini,” ucapnya.
Ucin juga mengatakan, imunisasi sangat baik untuk kesehatan dan kekebalan tubuh, jika pasca imunisasi anak sedikit meriang itu tergantung dari daya tahan tubuh.
“Kalau si anak sakit koordinasi dengan bidan desa atau langsung ke puskesmas,” ujarnya.
Nia Sumiati (26), warga Kotabaru mengatakan, beberapa hari lalu anaknya yang berusia 11 bulan sudah mendapatkan imunisasi di posyandu, namun pasca imunisasi anaknya sedikit mengalami sakit. “Sakit dan lagi kurang enak badan karena abis imunisasi,” ucapnya. (nce)

Tinggalkan Balasan