Al Irsyad Terapkan Kepanduan untuk Perkuat Kemandirian Siswa

PEMBEKALAN: Para pendamping kepanduan saat mengikuti pembekalan kepramukaan 28-29 Juli 2022 lalu di aula Sky Bridge SMP IT Al Irsyad.

KARAWANG, RAKA- Sebagai upaya memperkuat karakter generasi Rabbani, Lajnah Pendidikan dan Pengajaran Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang memberikan pelatihan kepanduan bagi para asatidz yang akan menjadi pendamping kepanduan di unit SD IT, SMP IT, dan SMA Islam Teladan pada 28 sampai 29 Juli 2022, di Aula Sky Bridge SMPIT Al Irsyad.
Selama dua hari, para asatidz yang ditugaskan untuk menjadi pendamping program Kepanduan pada saat pembelajaran turut mengikuti seluruh rangkaian dengan baik. Acara ini menghadirkan pelatih yang berpengalaman dalam membekali kepramukaan, yakni Kak Rizky Alfa Robi, MG.
Kegiatan pelatihan pembekalan ini dibuka oleh Ketua LPP, Ustad Ali Rahmat. Ia berpesan bahwa program kepanduan menjadi salah satu fokus Al Irsyad dalam membentuk kemandirian dan keterampilan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan selain dibentuk dengan pembiasaan adab dan ibadah melalui Kurikulum Khas. “Bentuk keseriusan kita adalah menjadikan kepanduan ini menjadi ekskul wajib dan terprogram secara terencana di setiap unit, khususnya diterapkan untuk memperkuat kemandirian siswa di unit SD IT, SMP IT, dan SMA IT,” ujar Ustad Ali.
Implementasi semangat kepramukaan, imbuhnya, terlebih dahulu terserap oleh para pendamping kepanduan. Dalam hal ini, para SDM yang menjadi pendamping kepanduan dibentuk agar mampu memahamkan secara menyenangkan kepada para santri Al Irsyad. Pada hari pertama, para pendamping dibekali pemahaman dasar tentang kepanduan dan unsur-unsur yang penting dalam pembinaan kepramukaan. Di hari terakhir, para pendamping diberikan simulasi bagaimana melaksanakan program kepanduan, seperti upacara atau apel pembukaan dan penutupan, serta hal-hal penting dalam praktik kepramukaan.
Program kepanduan sudah mulai berjalan dan menjadi ekstrakurikuler wajib yang umumnya rutin dilakukan setiap hari Rabu dengan atribut lengkap pakaian kepramukaan di Al Irsyad. Selain program kepanduan, ada ekstrakurikuler lainnya yang bisa dipilih oleh siswa SDIT, SMP IT, dan SMA IT, seperti taekwondo, silat, karate, panahan, Sepakbola, futsal, menggambar/mewarnai, bulutangkis, tenis meja, sepatu roda, hingga desain grafis sesuai jenjang dan minat dan bakatnya masing-masing. Sekolah? Al Irsyad Aja! (rls)

Tinggalkan Balasan