HEADLINE

Anggota Dewas Tirta Tarum Diberhentikan Lebih Cepat, Masa Jabatan Seharusnya Berakhir 15 Desember

KARAWANG, RAKA – Keputusan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana memberhentikan anggota Dewan Pengawas (Dewas) Perumdam Tirta Tarum Karawang dinilai mengejutkan. Soalnya, masa jabatan anggota Dewas berakhir 15 Desember 2023, namun bupati sudah mengeluarkan surat pemberhentian terhitung mulai 16 Agustus 2023.
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana memberhentikan anggota Dewas Perumdam Tirta Tarum melalui SK Bupati Nomor 539/Kep.372-HUK/2023 16 Agustus 2023. Padahal Cellica sebelumnya mengangkat anggota Dewas sesuai SK bupati nomor 800/Kep.633.HUK/2020 tentang pengangkatan dewan pengawas Perumdam Tirta Tarum. Periode jabatan tersebut berakhir 15 Desember 2023.
Sekretariat Daerah (Sekda) Karawang, Acep Jamhuri membenarkan pemberhentian anggota Dewas Perumdam Tirta Tarum yang berlaku sejak dikeluarkan SK pemberhentian oleh bupati 16 Agustus lalu. Menurutnya pemberhentian anggota Dewas sudah sesuai dengan aturan sehingga tidak perlu dipermasalahkan. Terkait dengan surat peninjauan kembali yang disampaikan Dewas kepada bupati tidak mempengaruhi kebijakan tersebut. “Kalau surat dari Dewas mengenai peninjauan keputusan bupati itu kan hak mereka. Namun kami akan segera mengisi kekosongan pengurus Dewas,” katanya, Selasa (5/9).
Rencana pengisian anggota Dewas yang baru, lanjutnya, sedang dalam proses karena pemberhentian anggota Dewas sudah sesuai dengan aturan. Alasan anggota Dewas masa jabatan mereka akan berakhir 15 Desember 2023 sudah tidak berlaku lagi. “Waktu mereka diangkat statusnya masih PDAM, tapi sekarangkan sudah berubah status menjadi Perumdam Tirta Tarum jadi aturannya berubah menyesuaikan dengan perubahan perusahaan,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua Dewas Perumdam Tirta Tarum sebelum diberhentikan bupati, Nana Kustara membenarkan jika anggota Dewas sudah diberhentikan oleh Bupati Cellica. Namun keputusan bupati memberhentikan Dewas tidak sesuai aturan jika melihat dari SK bupati nomor 800/Kep. 633.HUK/2020, maka seharusnya periode anggota Dewas akan berakhir !5 Desember. Namun Bupati Cellica sudah mengeluarkan SK Pemberhentian anggota Dewas 16 Agustus 2023 lalu. “Atas dasar ini kami mengirim surat kepada bupati untuk meninjau kembali keputusannya. Namun sampai saat ini kami belum mendapat jawaban,” tutupnya. (asy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by MonsterInsights