Cuaca Madinah 47 Derajat, Jamaah Haji Karawang Gatal-gatal Hingga Flu

KUNJUNGI JAMAAH: Petugas haji Kabupaten Karawang mengunjungi jamaah untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

KARAWANG, RAKA – Warga Kabupaten Karawang sudah sangat biasa merasakan teriknya matahari, karena Kota Pangkal Perjuangan berada di dataran rendah. Rata-rata setiap hari suhu udara mencapai 32 sampai 34 derajat celcius. Namun, jika dihadapkan dengan cuaca di Madinah yang mencapai 47 derajat celcius, membuat para jamaah haji asal Karawang mengalami batuk, flu hingga gatal-gatal.
Petugas haji Kabupaten Karawang,
Sri Rahayu mengatakan, secara umum kondisi jamaah haji saat ini dalam keadaan sehat. Namun, saat para jamaah berada di Madinah selama delapan hari, mereka terserang gatal-gatal, flu hingga batuk. “Empat sampai lima hari setelah jamaah di Madinah, ada jamaah yang terkena flu, gatal-gatal karena faktor cuaca yang suhunya mencapai 47 derajat. Alhamdulillah tidak sampai parah dan dirawat inap,” ungkapnya kepada Radar Karawang, Kamis (23/6).
Ia melanjutkan,
sebanyak 30 orang jamaah masih dalam pemantauan karena memiliki penyakit bawaan. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, tim kesehatan Kabupaten Karawang membuka posko bagi para jamaah. Selain itu, diadakan pula visit ke setiap kamar jamaah setiap hari. Petugas juga siap melakukan jemput bola bagi jamaah yang sakit.

“Mungkin ada 30 orang yang kategori resti (resiko tinggi) dan dalam pengawasan tim kesehatan kloter. Mereka terdapat penyakit bawaan seperti diabetes, maag, darah tinggi,” imbuhnya.

Selain cuaca, ujar Sri, jamaah gatal-gatal akibat air saat di Madinah. Di sisi lain, jamaah melakukan perjalanan ke Raudah, berkeliling Madinah. “Para jamaah pun telah membawa obat pribadi masing-masing. Jamaah merasa bahagia dan terharu dapat melaksanakan ibadah,” tuturnya.
Sri mengatakan, setelah di Madinah selama delapan hari, para jamaah haji Karawang kloter 14 meluncur ke Mekkah. Dilaporkannya, para jamaah mulai melakukan tawaf dan sa’i pukul 22.00 Waktu Arab Saudi, kemarin. “Kami sudah Arbain di Madinah selama delapan hari, dan tadi pagi (kemarin) kami baru tiba di Kota Mekkah. Insyallah jam 22.00 malam waktu Arab Saudi kita akan tawaf dan sa’i,” ujarnya.
Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kemenag Akhmad Fauzin menyampaikan, total jamaah haji reguler yang telah diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 53.830 orang. Untuk jamaah haji khusus yang telah tiba di Arab Saudi sampai kemarin sebanyak 1.745 orang. “Hari ini, jemaah wafat bertambah dua orang. Sehingga jumlahnya sebanyak sembilan orang,” kata Akhmad Fauzin di Jakarta.
Dia menyebutkan keduanya adalah Suharno Muhammad Sudjin (63), Nomor Paspor C115 0241, asal kloter JKG 10 Embarkasi Jakarta Garuda. Selanjutnya, Rochma Erviana Prastyawati (57), Nomor Paspor X109 2752, jemaah PT Goenawan Erawisata. Akhmad Fauzin menambahkan jemaah calon haji sakit sebanyak 151 orang, 98 orang rawat jalan, tujuh orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dan delapan orang dirawat di RSAS. (nad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here