Linmas Purwakarta Dilatih Bela Negara

DILATIH: Anggota Satuan Linmas Desa di Purwakarta dibekali wawasan kebangsaan dan bela negara, serta diajarkan metode praktik langsung berupa gerakan peraturan baris berbaris. Meningkatnya aktivitas warga membuat mereka semakin dibutuhkan masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.

PURWAKARTA, RAKA – Kian komplek serta beragamnya persoalan yang ada di tengah masyarakat pedesaan, khususnya masalah gangguan keamanan dan ketertiban, membuat keberadaan Satuan Linmas Desa menjadi begitu penting.
Linmas memiliki peranan yang strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa. Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota Linmas, diperlukan pembinaan ataupun pelatihan agar mempunyai bekal dan strategi yang mumpuni dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.
Bhabinkamtibmas Sindangkasih Aiptu Hasanuddin, belakangan intensif melakukan pembinaan kepada anggota Linmas di wilayah binaannya. Kapolsek Purwakarta Kota Kompol H Januaryono mengatakan, pelatihan tersebut diberikan guna mengoptimalkan peran serta Linmas dalam keamanan lingkungan.
“Pembinaan ini bertujuan guna memaksimalkan peran Linmas dan memberikan pemahaman akan tugas-tugas yang diemban para Linmas dalam menjaga keamanan di lingkungannya,” ucap Januaryono, Kamis (11/8).
Harapannya, kata dia, anggota Linmas selalu waspada terhadap situasi lingkungan dimana mereka bertugas sekaligus tetap bersemangat, menjaga solidaritas dan bangga dalam menjalankan tugas sebagai seorang anggota Linmas.
“Pembinaan Linmas merupakan salah satu kegiatan bhabinkamtibmas guna menjalin kemitraan dengan para anggota Linmas sebagai upaya mata dan telinga terhadap segala perkembangan yang terjadi di wilayah binaannya,” terangnya.
Dalam pembinaan tersebut, lanjut Januaryono, Linmas diberikan pengetahuan wawasan kebangsaan dan bela negara, juga diajarkan metode praktik langsung berupa gerakan Peraturan Baris Berbaris (PBB). “Pada pelatihan PBB tersebut Linmas diajarkan mulai dari lencang kanan, hadap kanan/kiri, balik kanan, penghormatan dan sikap istirahat serta gerakan berjalan atau berpindah tempat,” imbuhnya.
Menurutnya, keberadaan Linmas diharapkan membantu menjaga keamanan dalam suatu wilayah kampung juga harus bisa berperan dalam melaksanakan kegiatan seperti penanganan suatu bencana. “Guna membantu aparat terkait, serta mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial di lingkungannya,” tuturnya. (gan)

Tinggalkan Balasan