HEADLINE

PKB Putuskan Dukung H. Aep

Nasib Yana Suyatna Belum Jelas

KARAWANG, RAKA – Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Karawang memutuskan mendukung Aep Syaepuloh menjadi bakal calon bupati (Bacabup) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.
Keputusan ini, membuat nasib HR Yana Suyatna belum jelas. Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB dikabarkan sudah memberikan surat rekomendasi tahap 1 kepada HR Yana Suyatna untuk maju dalam kontestasi politik Pilkada 2024 Karawang. Pemberian surat rekomendasi itu secara resmi diserahkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Barat, H.Syaiful Huda kepada HR Yana Suyatna, disaksikan Ketua Desk Pilkada Kabupaten Karawang, Nur Ali serta sejumlah pengurus partai di Kantor DPW Jawa Barat di Bandung, beberapa waktu lalu.
Ketua DPC PKB Karawang, Rahmat Hidayat Djati menilai, berdasarkan hasil rapat, seluruh anggota PKB menilai Aep Syaepuloh sangat potensial menang di Pilkada. Selain itu, nilai elektabilitas dari nama tersebut juga tinggi. “Kami sudah melakukan beberapa kali rapat di internal, dan hasil dari rapat itu, bahwa PKB akan mendukung Pak Haji Aep, dalam hal ini kami akan bergabung bersama koalisi NasDem-PKS-Gerindra,” ujarnya, Selasa (9/7).
Ia melanjutkan, meski Pemilihan Presiden (Pilpres) telah selesai dilakukan, namun PKB mempunyai komitmen untuk tetap menjalin koalisi dengan partai nasional yang pernah berkoalisi dalam Pilpres 2024. “Jadi untuk di Pilkada 2024 pun, kami berkomitmen untuk tetap bersama dengan koalisi perubahan yang sudah terbangun di Pilpres kemarin. Hasil survei itu nantinya akan kami laporkan ke DPP PKB untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam mengeluarkan surat rekomendasi sebagai Bacabup,” jelasnya.
Rahmat menambahkan, selain melakukan rapat internal, pihak partai pun telah menjalin komunikasi dengan koalisi partai. Selanjutnya pada akhir bulan Juli akan dilakukan pembahasan terkait figur yang akan mendampingi Aep Syaepuloh. Hasil penentuan akan disesuaikan berdasarkan dari kesepakatan koalisi partai dan petahana. Ia berharap kepada semua bakal calon wakil bupati agar dapat melakukan semua program yang sudah menjadi usulan dari PKB. “Akhir bulan ini kemungkinan akan dilakukan pertemuan bersama semua koalisi partai, nanti setiap partai akan mengajukan nama-nama yang dapat menjadi opsi sebagai Bacawabup pasangan Pak Haji Aep, termasuk PKB juga akan menyodorkan satu nama, maka hasil survei yang sedang dilakukan ini sangat berpengaruh. Tentunya harus dengan hasil musyawarah mufakat koalisi partai dan atas persetujuan dari Pak Haji Aep sebagai bacabup. Kami sangat konsen kepada kebutuhan para petani dan UMKM. Kami harap bacabup nanti bisa menjalankan program-program yang sudah kami agendakan,” tutupnya. (nad)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by MonsterInsights