Ujian Sekolah Digelar Secara Daring, SMAN 2 Cikampek: Sesuai Edaran Dinas Pendidikan Provinsi

PENGARAHAN: Guru SMAN 2 Cikampek mengikuti apel pagi di lingkungan sekolah. Guru diberikan pengarahan terutama mengenai persiapan menghadapi ujian sekolah yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

CIKAMPEK, RAKA – Pelaksanaan ujian sekolah (US) di SMAN 2 Cikampek diperkirakan akan dilaksanakan secara daring, hal itu dilakukan untuk menekan potensi paparan virus corona.
Kepala SMAN 2 Cikampek Unang Suryawan mengatakan, berdasarkan surat edaran Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, kegiatan belajar daring dilakukan kembali perpanjangan. Meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kabupaten Karawang berada di level 3, kegiatan belajar 100% dilakukan secara daring. “Karena kita tidak ingin siswa kita terdampak virus corona ini, jadi kita lakukan total belajar secara daring,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Senin (21/2).
Ia menambahkan, meskipun sampai saat ini kegiatan belajar dilakukan secara daring, berbagai kegiatan sekolah tetap disiapkan khususnya bagi kelas XII yang akan mengadapi US, pada tanggal 14 Maret mendatang. Dari sisa waktu beberapa minggu menghadapi ujian sekolah ini, siswa diminta untuk menyelesaikan beberapa tugas yang belum diselesaikan seperti pengumpulan portopolio dan penugasan sekolah lainnya. “Karena tugas ini menjadi bagian komponen dari ujian sekolah ini, sifatnya wajib,” tambahnya.
Ia mengaku, melihat kondisi saat ini pelaksanaan ujian sekolah nanti diperkirakan akan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi. Meskipun pelaksanaan US dilaksanakan secara daring, pihak sekolah saat ini tengah membuat SOP untuk mekanisme pelaksanaan US. “Jumlah kelas XII yang mengikuti US sebanyak 347 siswa, mudah-mudahan pelaksanaan ini bisa berjalan dengan lancar dan aman sebagai mana mestinya,” pungkasnya. (mal)