Investor Baru Bakal Masuk, Bupati Minta Putra Daerah Diprioritaskan

TAMBAH LAHAN: Pelepasan balon saat ground breaking lahan baru KIIC.

KARAWANG, RAKA- Karawang International Industrial City (KIIC) memastikan menambah lahan untuk industri seluas 105 hektare. Hal ini bakal mengundang investor baru masuk ke Karawang. Jika ada investor masuk, Bupati Karawang meminta tenaga kerja lokal atau putera daerah diprioritaskan.

Penambahan luas area ini ditandai dengan ground breaking yang dilakukan, Selasa (12/10), sebagai simbol akan dimulainya pengembangan dan pembangunan di area perluasan tersebut. Ada 105 hektare lahan baru yang akan dibangun dari total area seluas 1.500. Adanya perluasanan lahan ini, KIIC sudah dapat menerima investor yang akan membangun perusahaan di lokasi ini.
Adanya perluasan lokasi baru ini, disambut baik Bupati Karawang Cellica Nurachadiana. Menurutnya, dengan expansion area di wilayah KIIC tentunya akan meningkatkan perputaran ekonomi diwilayah Karawang. “Dengan memperluas area tentunya akan mengundang investor masuk ke Karawang dan akan membuka lapangan pekerjaan baru,” katanya, saat menghadiri ground breaking.

Hanya saja, Cellica mengingatkan, perusahaan-perusahaan yang akan menanamkan modalnya di Karawang nanti, diminta memprioritaskan tenaga kerja lokal untuk bekerja di perusahaan yang ada. “Tentunya saya berharap perusahaan yang ada di KIIC bisa terlebih dahulu mengutamakan putra daerah untuk bekerja di perusahaannya,” paparnya.

Sementara itu, Direktur KIIC Sanny Iskandar menuturkan, KIIC telah menerima penganugerahan penghargaan sebagai Kawasan Industri Terbaik dari Kementerian Perindustrian dan telah berpengalaman selama 30 tahun dalam mengembangkan serta mengelola kawasan industri. “Berstatus sebagai Objek Vital Nasional (OVNI), kami mengutamakan layanan dan keamanan berinvestasi bagi para tenant. Melalui perluasan lahan ini, KIIC optimis mampu mencapai target penjualan sebesar Rp750 miliar di tahun 2022. Di area 105 hektare yang baru ini, KIIC sudah dapat menerima investor,” katanya.

Ditambahkannya, kawasan industri berkelas internasional ini didukung dengan lokasi yang strategis dan dapat diakses langsung dari Pintu Tol Karawang Barat, selain itu pula KIIC memiliki infrastruktur dan fasilitas yang sangat komprehensif guna mendukung keberlangsungan investasi salah salah satunya adalah tersedianya fasilitas Environmental Laboratory yang dapat melakukan uji sampel air limbah para tenant. “Terdapat sejumlah perusahaan yang telah mempercayakan investasinya di KIIC diantaranya Toyota, Yamaha, P & G, Philip Morris, Ajinomoto, Sharp, hingga Kao,” pungkasnya. (cr8)