Jimmy Langsung Daftar ke Golkar

Ahmad Zamakhsyari

KARAWANG, RAKA – Setelah pertemuannya dengan Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa 1 DPP Partai Golkar MQ Iswara, Rabu (12/2), Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Karawang Ahmad Zamakhsyari melayangkan surat pendaftaran sebagai calon bupati ke partai berlambang pohon beringin tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Karawang Timi Nurjaman. Dia mengatakan, terlebih dulu mendiskusikan hal tersebut dengan internal Golkar sebelum memberi jawaban. “Sebaiknya membuka komunikasi dulu dengan Golkar, baru mendaftar, tapi ini langsung mendaftar,” ucapnya kepada Radar Karawang, Kamis (13/2).

Dia melanjutkan, sejauh ini DPD Golkar Karawang tidak membuka pendaftaran calon bupati dari pihak eksternal partai. Mereka fokus melakukan penjaringan kader dan sudah mengantongi lima nama sebagai calon bupati dan wakil bupati.

Langkah ini sebagaimana telah diputuskan bersama dalam rapat pleno DPD Golkar Karawang terkait Pilkada Karawang 2020. “Hanya saja memang kita melakukan penjajakan, komunikasi politik, yang sekarang kita bangun relasi baru dengan Partai Demokrat,” terangnya.

Ketua DPD Golkar Karawang Sukur Mulyono juga membenarkan adanya surat dari Jimmy yang diterima oleh partainya. Ia menganggapnya sebagai surat pribadi Jimmy yang tidak mewakili PKB, sebab tidak ada kop surat dan stempel. Meski demikian, surat tersebut memang resmi dari Jimmy sebab DPD Golkar Jawa Barat juga menerima surat yang sama sebagai tembusan. “Tapi memang dari awal saya katakan bahwa Golkar tidak membuka lowongan secara eksternal,” ungkapnya.

Adapun kepada pihak eksternal Golkar, dikatakannya hanya dilakukan pengkajian untuk mencari siapa sekiranya yang masuk dalam radar partainya dalam Pilkada Karawang 2020. Sedangkan mengenai akan ditanggapi atau tidaknya surat pendaftaran dari Jimmy, dia tidak banyak memberi komentar. Dia sepenuhnya menyerahkan kewenangan kepada tim pemenangan untuk menentukan sikap dan tangapan. “Nanti hasil dari telaah tim bagaimana, baru ke saya, baru nanti saya konfirmasi ke pers,” pungkasnya.

Ahmad Zamakhsyari secara maraton bertemu dengan sejumlah petinggi partai politik. Setelah melakukan pertemuan dengan Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa 1 DPP Partai Golkar MQ Iswara, pertemuan lanjutan juga dilakukan dengan Ketua DPC Gerindra Karawang Ajang Supandi dan Ketua DPC PDI Perjuangan Karawang Taufik Ismail, Rabu (13/2) malam. Pertemuan yang digelar di Hotel Brits Karawang, ini diakui ketiganya untuk membahas chemistry masing-masing parpol menjelang Pilkada Karawang pada September mendatang.

Ketua DPC PDI Perjuangan Karawang Taufik Ismail mengakui, pertemuan PKB, Gerindra dan PDI Perjuangan tersebut dalam rangka membangun komunikasi politik jelang Pilkada Karawang. “Ini silaturahmi politik, membangun komunikasi politik, karena kita akan berpolitik di 2020 ini,” kata Pipik kepada Radar Karawang, Kamis (13/2).

Pipik juga mengaku bahwa pertemuan tiga partai politik tersebut merupakan penjajakan untuk membahas dinamika politik menjelang pilkada nanti. “Hari ini kita ketahui PDIP punya dr Yesi, PKB ada wabup, Gerindra punya Gina, tentunya itu juga menjadi pembahasan pada pertemuan tersebut,” ujarnya. “Kita memang sudah agendakan jauh-jauh hari untuk bertemu wabup. Untuk melakukan penjajakan. Kalau koalisi kita lihat nanti,” tambahnya.

Ajang Supandi menambahkan, sudah sewajarnya Gerindra melakukan penjajakan dengan parpol lain. Karena diakuinya, dengan modal delapan kursi di legislatif Karawang, Gerindra tidak bisa berdiri sendiri. Perlu koalisi untuk bisa mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Adapun soal kesepakatan, nanti itu di DPP. Kita di sini cuma lobi-lobi politik dengan temen-temen, kira-kira sama gak visi misi antara PDI Perjuangan, Gerindra dan PKB. Kalau ada kesamaan kan tidak ada yang tidak mungkin, tidak ada yang mustahil. Yang namanya politik itu clear semua, cair semua,” katanya.

Jimmy mengatakan, akan ada pertemuan lanjutan setelah PKB, Gerindra dan PDI Perjuangan. Bahkan menurutnya, pertemuan lanjutan tersebut bukan hanya akan dihadiri Poros Juang. Melainkan juga beberapa petinggi partai politik. “Insya Allah Senin malam Selasa. Gerindra, PKB, Poros Juang, kita akan kumpul bersama. Insya Allah besok akan dihadiri oleh Jendral Taufik ketua DPW Gerindra Jabar, Golkar pak Iswara mau datang, pak Ono Surono ketua DPD PDIP Jabar mau datang, PKB pak Huda ketua DPW PKB Jabar mau datang,” pungkasnya. (nce/cr5)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *