KARAWANG, RAKA – Peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap distribusi barang membuat JNE melakukan berbagai inovasi untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, mulai dari pengiriman barang sampai proses packaging hingga penerimaan paket oleh penerima.
Saat ini JNE memfokuskan pengembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (IT), serta infrastruktur atau jaringan seperti Gateway, Gedung Operasional maupun titik layanan baik melalui konter maupun outlet. “Inovasi yang dilakukan JNE untuk memenuhi kebutuhan customer terhadap distribusi barang dalam seluruh prosesnya. Sehingga memungkinkan masyarakat melakukan jual-beli secara online dengan nyaman sehingga pelaku e-commerce dapat terus tumbuh dari segi jumlah mau pun daya saing,” ucap Head of Regional JNE Jawa Barat Murah Lestari, Senin (22/10) saat berkunjung ke Redaksi Radar Karawang.
Murah didampingi Branch Manager JNE Karawang Armi Muriko dan Public Relations JNE Regional Jawa Barat Kurnia Hayati beserta tim Sales & Marketing JNE Karawang. Dikatakan Murah, seluruh langkah JNE dalam pengembangan di berbagai bidang bertujuan untuk mendukung e-commerce dimana pihak-pihak yang terkait di dalamnya mencakup semua kalangan mulai dari perusahaan mau pun UKM. JNE yakin jika ekosistem dimana JNE berada mengalami pertumbuhan yang baik, maka JNE pun dapat berkembang dan seluruh peningkatan yang terjadi dapat turut mendukung perekonomian nasional.
Sementara Branch Manager JNE Karawang Armi Muriko menambahkan pesatnya pertumbuhan e-commerce meningkatkan kebutuhan akan distribusi barang di masyarakat dari segi jumlah maupun jenis layanan. Sehingga JNE berinovasi dengan berbagai produk layanan mau pun program-programnya, salah satunya Pesona yakni Pesanan Oleh-Oleh Nusantara.
Program tahun 2010 ini diluncurkan sebagai dukungan dan wadah bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk dapat mengembangkan usahanya dengan perluasan pangsa pasar di dalam mau pun di luar negeri. “Pesona dihadirkan untuk memperkenalkan produk khas berbagai daerah agar dapat dikenal dan dipesan oleh masyarakat di seluruh Indonesia,” ucap Armi, seraya menambahkan jika JNE membuka peluang kerjasama dengan UKM Karawang sebagai sarana sharing dan pelatihan di kantor JNE Karawang.
Pada awalnya produk–produk dalam Pesona dijual secara offline, namun kini telah dapat dipesan secara online dengan update informasi produk terkini di halaman website http://pesonanusantara.co.id/ dan juga mobile apps Pesona. Kini Pesona telah bekerjasama dengan lebih dari 800 produsen dengan ribuan varian makanan khas daerah yang berasal dari seluruh Indonesia. Harga jual produk di website Pesona pun sama seperti harga jual toko oleh-oleh di kota asalnya.
Peluang bagi para produsen makanan khas pun masih terbuka lebar untuk bergabung menjadi vendor Pesona. Mengenai persyaratan dan caranya dapat dilihat pada website Pesona, yaitu di halaman Cara Menjadi Vendor dengan link http://pesonanusantara.co.id/become-vendor.
Sementara GM Harian Umum Radar Karawang A. Taufiq Hidayat mengapresiasi kepercayaan JNE bermitra dengan Radar Karawang. “Bagi kita bekerja sama dengan JNE bukan hal yang baru. Sekarang saatnya meningkatkan kualitas kerjasama, dengan fasilitas dan media yang kami miliki,” ucap Taufiq. (nur/ari)