Jual Beli Beras dan Dedak

CILAMAYA WETAN, RAKA- Selain pembangunan infrastruktur, pemerintahan Desa Rawagempol Wetan, Kecamatan Cilamaya Wetan juga fokus mengembangkan usaha masyarakat melalui Bumdes dan kewirausahaan yang bergelut dalam usaha jual beli beras dan dedak.

Direktur Bumdes Rawagempol Wetan, Diki mengatakan, mengelola jual beli beras serta dedak menjadi usaha Bumdes Rawagempol Wetan dan ini cukup diminati masyarakat karena sesuai dengan lingkungan yang mayoritas masyarakatnya usaha tani. “Bumdes kita fokus usaha jual beli beras dan dedak,” katanya.

Adapun simpan pimjam sudah tak lagi dijalankan, karena mlihat ke program sebelumnya di PNPM banyak masyarakat yang mengira bahwa dana simpan pinjam itu merupakan hibah dari pemerintah.

Dikatakan Kades Rawagempol Wetan, H Udin Abdulghani, tak lebih dari Rp20 juta dana yang digulirkan melalui Bumdes. Namun untuk simpan pinjam tidak digulirkan. “Kalau simpan pinjam takut jadi beban untuk kita. Maka dari itu, kita tidak terlalu banyak beri dana. Karena masyarakat menyebutkan dana hibah,” katanya.

Di samping itu, ia sebagai pengawas memberi keleluasaan Direktur Bumdes untuk mengelolanya sendiri. Sebagai pihak desa, selain menjadi penanggung jawab, ia juga hanya sebatas mengawasi apa yang dikelola oleh Direktur Bumdes. (rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *