Jualan di Lokasi Banjir

TETAP JUALAN: Pedagang keliling tetap berjualan di lokasi banjir.

KARAWANG, RAKA – Banjir selain membawa dampak buruk bagi para korban, hal tersebut membawa keuntungan bagi para pedagang yang berada di lokasi banjir.

Selama banjir yang terjadi di Desa Karangligar terdapat beberapa penjual. Mereka memperoleh keuntungan cukup banyak saat berjualan di lokasi banjir. Namun ada pula penjual yang memang rumahnya di Dusun Pengasinan, Desa Karangligar dan ikut tergenang banjir. Ia berjualan sosis bakar, fish roll bakar, crabstick bakar. Barang dagangan merupakan hasil dari modal sendiri. Ia tidak mengikut orang dan tidak menyetorkan keuntungan ke atasan sama sekali. “Kalau saya kan emang rumahnya di Dusun Pengasinan RT 04 karena susah jualan jadi ya udah jualan di sini aja,” ujar Usup Supriatno, penjual makanan, Senin (22/2).

Crabstick yang dijual sebanyak 25 tusuk, sosis sebanyak 50 tusuk. Fishroll sebanyak 15 tusuk. Harga setiap jenis sebesar 2000. Penjualan ini awalnya milik sang istri. Banyak anak kecil yang membeli dagangannya.

Keuntungan yang diperoleh akan langsung dikelola oleh istri. Selanjutnya ia juga mengungkapkan bahwa selain berjualan di desa tersebut, ia juga berjualan keliling. Ia berkeliling ke arah Babakan, Setu. Keuntungan yang diperoleh sebanyak Rp180 ribu setiap harinya. Saat banjir ia membawa stok dagangan lebih dari hari biasa.

Anak-anak yang terdapat di sekitar lokasi menyukai dagangannya. Salah satu anak mengungkapkan bahwa adanya penjual ini bisa membantu menahan lapar yang dirasakan saat belum memperoleh nasi. Jenis dagangan yang sering dibeli oleh ia yakni crabstick. Selain anak-anak, para orang tua pun ada yang membeli. “Rasanya enak dan ya lumayan lah bisa ganjel rasa laper apalagi di tengah banjir gini,” ungkap Indah Nur Fadilah, pembeli.

Selain pedagang makanan bakar, di lokasi juga terdapat pedagang minuman. Salah satunya yakni pedagang es krim cincau. Pedagang ini baru bekerja selama satu tahun. Barang dagangan merupakan milik atasannya. Penghasilan yang di peroleh akan diberikan ke atasan. Harga es krim cincau bervariasi berdasarkan ukuran gelas plastik. Gelas plastik ukuran besar memiliki harga 5000. Ukuran sedang harga sebesar 3000 dan ukuran kecil sebesar 2000. “Ini sih setoran setiap harinya bukan punya sendiri,” pungkas Agus Kurniawan, penjual minuman. (cr6)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka