Karawang Masuk PPKM Level 2

VAKSINASI COVID-19: Petugas sibuk mempersiapkan vaksinasi Covid-19.

Capaian Tes Swab Masih Rendah

KARAWANG, RAKA – Melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2021 Tentang pemberlakukan PPKM 4, 3 dan 2 di wilayah Jawa dan Bali, Karawang saat ini sudah ditetapkan sebagai kabupaten dengan PPKM level 2.
Penetapan Karawang menjadi kabupaten dengan pemberlakuan PPKM level 2 seiring dengan terus menurunnya kasus Covid-19 di Kota Pangkal Perjuangan sejak beberapa pekan terakhir. “Iya betul Karawang sudah PPKM level 2. Kasusnya sudah rendah,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinkes Karawang Yayuk Sri Rahayu, kepada Radar Karawang, Selasa (7/9).

Yayu menuturkan, selama 24 Agustus hingga 5 September kemarin ratio kematian di Karawang 4,19 persen. Sedangkan ratio kesembuhan sudah mencapai 96 persen. “Tingkat ratio kasus aktif 0,2 persen, BOR 5,6 persen,” ujarnya.
Dikatakan Yayu, jumlah tes swab mingguan yang sudah dilaksanakan di Karawang sebanyak 4.520 atau 1,91/1000 penduduk dengan positive rate 5,8 persen. Dia mengakui jika capaian tes swab itu masih rendah. Karena target tes swab selama PPKM level 3 kemarin seharusnya 5 ribu dalam sehari. Menurutnya, masih rendahnya capaian tes swab selama satu minggu ini dikarenakan kasus Covid-19 di Karawang juga sudah menurun. “Kasusnya sudah rendah,” kata Yayuk.

Dia juga menambahkan, meski saat ini sudah menjadi PPKM level 2 tetapi vaksinasi untuk membentuk herd imunity terus gencar dilakukan oleh pemkab. “Capaian sampai 6 September sudah 35,88 persen untuk dosis 1 dan 15,16 persen untuk dosis 2,” paparnya. Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana Sp.KK mengatakan, keberhasilan Karawang masuk dalam PPKM level 2 ini berkat kerja keras semua sektor yang berjibaku melawan Covid-19. Fitra mengatakan, angka kesembuhan saat ini telah mencapai 96 persen.

Sementara, Bed Occupancy Rated (BOR) hanya 5,67 persen saja. “Percepatan vaksinasi di Jawa Barat kita ada di peringkat ke lima. Terima kasih semua yang sudah bekerja keras, terutama para nakes, tim satgas Covid dan juga masyarakat. Alhamdulillah kita di zona kuning,” ujar Fitra.
Namun, Fitra berujar, meskipun sudah berstatus PPKM level II, tetapi masyarakat diimbau agar tidak lengah dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. (nce/asy)