Komunitas Baca Kami Ajak Anak-anak Mendongeng

Founder Perpus Jalanan Baca Kami, Fahrullah

KARAWANG, RAKA – Komunitas perpustakaan jalanan Baca Kami Desa Rawagempol Kulon, Kecamatan Cilamaya Wetan akan menggelar kegiatan dongeng, Sabtu (11/12). Kegiatan mendongeng dinilai dapat membentuk karakter anak.
Founder Perpus Jalanan Baca Kami Fahrullah mengatakan, komunitas ini telah terbentuk sejak 2019.

Pada Sabtu (11/12) komunitasnya akan mengadakan kegiatan dongeng dengan pendongeng dari Yayasan Alfa Raudhatut Thalibin dari Kecamatan Tirtamulya. “Kegiatan mendongeng bersama kak Nadia dari Yayasan Alfa Raudhatut Thalibin Tirtamulya,” ujarnya, Selasa (7/12).

Komunitas ini terbentuk berawal dari founder yang senang menggelar buku untuk dibaca bersama dengan teman-teman saat di masa perkuliahan. Awalnya berdiri di Kabupaten Bekasi, dan setelah lulus kuliah ia kemudian mendirikan komunitas di sekitar tempat tinggalnya. Pendirian komunitas ini bertujuan agar mengajak masyarakat untuk menyukai membaca. “Respon dari masyarakat sekitar sangat mendukung. Masyarakat saat ini memiliki daya tarik membaca dibandingkan sebelumnya,” terangnya.

Founder komunitas mengadakan kegiatan mendongeng bertujuan agar anak-anak berani bercerita. Selain itu untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum. Ia akan mengajak anak-anak untuk aktif saat proses dongeng. Ia pun menginginkan untuk membentuk karakter anak. “Tujuan kegiatan mendongeng itu menanamkan sebuah karakter kepada anak, kita mengedukasi kepada masyarakat sekitar jika kegiatan ini penting untuk perkembangan karakter anak. Siapa tau dengan mendongeng anak juga berani tampil di depan umum,” pungkasnya. (nad)