Lima Tahun Sekali Mobil Dinas Bupati Ganti

MOBIL BARU: Bupati dan wakil bupati punya mobil dinas baru

KARAWANG, RAKA- Bupati dan Wakil Bupati Karawang memiliki mobil dinas baru. Setelah dulu menggunakan mobil jenis Fortuner, kini bupati dan wakil bupati menggunakan mobil jenis Mazda. Hanya saja soal harga, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Karawang (BPKAD) menutupinya.

Kepala BPKAD Karawang Endang Soemantri mengatakan, bahwa pembelian mobil dinas baru bupati dan wakil bupati merupakan hal yang wajar karena memang sudah diatur dalam perundang-undangan. “Mobil dinas bupati baru itu emang sudah haknya karena memang mobil yang lama sudah harus diganti, kan aturannya pun 5 tahun sekali,” ucapnya, disela-sela berbincang kepada Radar Karawang, Selasa (21/9).

Dirinya pun menambahkan bahwa pengadaan mobil dinas bupati dan wakil bupati tidak melihat jenis mobilnya tapi yang dilihat CC nya sesuai dengan Permendagri Nomor 6 tahun 2007 dan Perbup Karawang Nomor 3 tahun 2017. Soal harga mobil, Endang enggan menyebutkannya dengan alasan bukan kewenangannya. “Untuk mobil bupati itu minimal CC nya ialah 2500 CC, terserah mau jenis mobilnya apa yang penting 2500 CC,” tambah pria yang pernah menjabat kepala Inspektorat ini.
Endang menerangkan, bahwa mobil dinas lama bupati dan wakil bupati telah dilelang sesuai dengan Peraturan Kementerian Keuangan tentang penjualan barang milik negara. “Mobilnya sudah dilelang, untuk pemenangnya lebih detailnya tanya bagian aset, cuma setahu saya sudah dilelang,” tandasnya.

Sementara itu, Indriyani, anggota DPRD Karawang menyebutkan bahwa pengadaan mobil dinas memang sudah dibahas dan sudah sesuai regulasi . “Untuk anggarannya sendiri sudah dibicarakan, dan saya melihat mobilitas saat ini di masa pandemi bupati dan wakil bupati sangat luar biasa, saya pikir sah-sah saja untuk membeli kendaraan baru, karena untuk menunjang pekerjaan mereka lebih baik lagi, dan mungkin juga percepatan dalam pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (cr8)