MCK dan Pertanian Masuk Program Prioritas

MCK : Pembangunan MCK untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Karena warga sering buang air besar di sungai.

CILAMAYA WETAN, RAKA – Masih banyak warga yang buang air besar di sungai membuat Kepala Desa Tegalsari, Kecamatan Cilamaya Wetan, Awang Wibisono harus menyiapkan sarana umum berupa MCK.

Awang mengaku optimis bisa menata pemerintahan desa, pembangunan desa bahkan hingga pemberdayaan desa selama dia menjabat kepala desa. Terlebih dia masih tergolong baru menduduki posisi kades dan masih menyisakan banyak waktu. “Sampai saat ini, baru ada dua sarana air bersih dan MCK yang baru kita bangun. Ke depannya, ada 3 MCK lagi yang menjadi PR kita,” kata Awang, kepada Radar Karawang, seraya menyampaikan semuanya sudah masuk APDes, tinggal menunggu realisasi.

Selain MCK, pihaknya juga berencana membuat sodetan air untuk mengairi sawah para petani. Sekaligus membuat embung atau penampungan mini untuk memenuhi kebutuhan air di saat petani membutuhkan air.

Terlebih, di Desa Tegalsari mayoritas masyrakatnya merupakan usaha tani. Untuk itu, harus mempersiapkan segalanya untuk kebutuhan petani. “Ada 98 hektare lahan sawah, dan 105.980 Hektare lahan darat. Hampir 80% warga kita banyak yang mengandalkan pertanian. Maka dari itu kami berupaya untuk memfasilitasi,” katanya. (rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *