Nasib Balon Kades di Tangan BNNK

PERIKSA BERKAS: Pegawai DPMP memeriksa satu persatu berkas pencalonan kepala desa.

Hasil Tes Narkoba akan Diplenokan

KARAWANG, RAKA – Sebanyak 576 bakal calon kepala desa sudah mengikuti tes kesehatan dan tes narkoba beberapa waktu lalu. Namun untuk hasil tes kesehatan dan narkoba masih belum keluar.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Karawang Encep Komarudin mengatakan, hasil dari 576 balon kades yang telah mengikuti tes kesehatan belum keluar. Ia memastikan jika hasil tersebut akan keluar sebelum 26 Januari 2021. “Sebelum 26 Januari semua persyaratan sudah selesai,” katanya, kepada Radar Karawang, Senin (18/1).

Hasil tes narkoba terhadap para balon kades itu akan disampaikan setelah ada dari Dinas Kesehatan dan BNNK. Jika ditemukan ada balon dengan hasil tesnya positif narkoba, itu akan dibahas oleh panti uji kabupaten. “Tergantung rekom dari BNNK. Nanti ada rapat panitia uji setelah hasilnya keluar,” ujarnya.

Encep menuturkan, tahapan pilkades selanjutnya ialah seleksi ujian tertulis atau lisan yang akan dilaksanakan 23 Februari mendatang. Dengan ujian seleksi tertulis ini, tentu akan ada balon yang tereliminasi jika dalam satu desa terdapat balon lebih dari lima orang. “Paling banyak Desa Puserjaya Kecamatan Telukjambe Timur. Balon ada 13 orang,” paparnya.

Sebelumnya, untuk bakal calon (balon) kepala desa yang melaksanakan tes narkoba tidak akan menerima langsung hasil tes tersebut. Tapi, terlebih dahulu hasil tes narkoba akan diplenokan oleh tim kabupaten. “Hasilnya nanti berupa surat, itu nanti bisa kami sampaikan melalui kecamatan, hasilnya juga dibawa ke pleno tim kabupaten,” jelas Kasi Tata Kepemerintahan DPMD Karawang, Andry Irawan. (nce/mra)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka