Nyalon Lagi, Heryana Siapkan Sembilan Program

BALON KADES: E. Heryana serahkan berkas ke panitia Pilkades Purwadana.

KARAWANG, RAKA – Pemilihan Kepala Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, bakal diikuti tiga bakal calon salah satunya inkumben E Heryana yang sudah menyerahkan berkas pencalonan ke panitia.

Ada tiga bakal calon Kepala Desa Purwadana yang mendaftarkan diri sebagai calon kepala desa. Seluruh calon telah menyerahkan data diri ke panitia pelaksana pemilihan kepala desa. Saat penyerahan data diri para calon tetap menerapkan protokol kesehatan. Hanya lima orang yang diperbolehkan masuk ke dalam kantor panitia. Data saat ini yang masuk belum lengkap seluruhnya, salah satunya yakni berkas pengantar Pengadilan Negeri Karawang tidak pernah dipidana selama lima tahun.

Calon yang belum melengkapi diberikan waktu hingga 26 Januari 2021. “Sudah dokumennya paling ada kekurangannya yakni pengantar Pengadilan Negeri yaitu keterangan surat keterangan belum pernah dipidana selama lima tahun,” ujar Lalan Suharlan, ketua pelaksana pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Purwadana, Sabtu (26/12).

Tahap selanjutnya, tambah Lalan, tanggal 11 hingga 16 Januari 2021 akan memasuki pelaksanaan tes kesehatan dari seluruh calon. Hal ini dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Panitia telah menutup pendaftaran calon kepala desa pada Rabu (23/12) lalu. Dokumen yang telah masuk di panitia akan diserahkan kepada DPMD di Januari nanti. Panitia akan melakukan sensus Data Pemilih Sementara (DPS) di bulan Januari. “Sepanjang bulan Januari panitia akan melakukan sensus DPS yang akan dibantu oleh ketua RT,” paparnya.

Salah satu bakal calon yang mendaftar adalah inkumben E. Heryana. Persiapan telah dilakukan oleh timnya berupa pemasangan banner dan penyerahan data. Motivasi yang mendorongnya mencalonkan kembali yakni ingin memajukan Desa Purwadana dan melanjutkan tugas yang belum ia selesaikan. Heryana aktif diberbagai organisasi mulai tahun 1994. Tahun 1994 hingga 1996 pernah menjabat sebagai ketua Karang Taruna Desa Purwadana. Awal mula menjabat sebagai kepala desa pada tahun 2001 hingga 2008. Periode selanjutnya dijabat pada tahun 2015 hingga 2021.

Selama proses pemilihan kepala desa saat ini tidak terdapat pertarungan politik yang memanas. “Nuansa pertarungan polotik di sini gak panas, santai aja ya hanya kecil-kecilan aja mah wajar,” papar E. Heryana.

Selanjutnya ia juga menambahkan, terdapat sembilan program kerja yang akan dilaksanakan saat telah terpilih kembali sebagai kepala desa diantaranya, pemeliharaan dan peningkatan infrastruktur jalan, drainase dan sarana umum, pemberdayaan UMKM, pelatihan keterampilan, peningkatan sumber daya lembaga desa, pembangunan ruang publik, mendorong para pelaku usaha pemuda dan pemula, pengembangan seni budaya, mendorong pembangunan SMP negeri, terakhir pemberian honor DKM dan marbot masjid. Ia dan tim memiliki keyakinan kuat akan terpilih kembali di periode ini. Masyarakat telah menerima sosialisasi berupa pengumuman perihal pencalonan yang dilakukan. Terdapat sejumlah prestasi yang telah di dapatkan sejauh ini. Salah satunya yakni mengoptimalkan CSR di Desa Purwadana. “Program kerja sejauh ini untuk melanjutkan program kerja yang belum saya selesaikan di periode sebelumnya,” pungkasnya. (cr6)